Semangat Baru, HUT Toba Ke - XXI -->
Cari Berita

Advertisement

Semangat Baru, HUT Toba Ke - XXI

06 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Toba - Persiapan dan rangkaian kegiatan  Hari Ulang Tahun Kabupaten Toba  Ke-21 (09 Maret 1999 - 09 Maret 2020) ada semangat baru dari Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba.

Hal itu dikatakan Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus pada konfrensi pers yang diadakan di Ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba Kompleks Kantor Bupati Toba, Jumat (06/03/2020).

Dijelaskannya Presiden telah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba. Hal itu didasari oleh pertimbangan faktor sejarah, adat istiadat serta aspirasi masyarakat dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Toba Samosi. Pada tanggal 24 Februari 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Provinsi Sumatra Utara.

 ‘Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,’’ bunyi Pasal 6 PP yang diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 26 Februari 2020 itu  dan tanggal 14 Maret ini pada acara seremonian Perayaan Hari Jadi akan diadakan pembukaan prasasti selubung Kabupaten Toba" katanya.

Dijelaskannya berbagai kegiatan dalam rangka Hari Jadi Ke-21 Kabupaten Tobasa Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Maret 2010 - 14 Maret 2020.

"Senin tanggal 9 Maret 2020, diadakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Toba Samosir bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Toba Samosir dengan  dengan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat dan Menteri Dalam Negeri , dan setelah paripurna dilanjutkan jamuan makan siang di depan Kantor DPRD Tobasa," jelasnya.

Ditambahkannya pada Hari Selasa, tanggal 10 Maret 2020 diadakan perlombaan renang antar pelajar (Bupati Tobasa Cup) pukul 08.30 bertempat di kolam renang TB. Center dan pada jam yang sama diadakan lomba dayung  di Desa Siregar Aek Nalas memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Rabu tanggal 11 Maret 2020 persiapan dalam rangka pembuatan stand pameran yang akan diisi OPD, Kecamatan , UKM dll dan tanggal 12 akan dibuka secara resmi di Lapangan sisingamangaraja Balige.

Kamis 12 Matet 2020 diadakan acara grand opening Hotel Labersa dan direncanakan akan diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Wishnutama. "Jam 3 sore selesai dan semua tamu akan berpindah ke Lapangan Sisingamangaraja karena diadakan pembukaan pameran pembangunan dan hiburan rakyat ," ungkapnya.

Jumat, 13 Maret 2020 jam 7 pagi diadakan senam germas, pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah. Pukul 11.00 WIB Raja dan Ratu Belanda akan sampai di Bandara Silangit dengan membawa 34 orang jurnalis untuk mempromosikan Danau Toba. "Dari Singgolom ke Siambat Dalan - It.Del - Pelabuhan Balige - Samosir - Hotel Inna Parapat - Kuala Namu - Belanda," jelasnya.

Tanggal 14 Maret 2020 diadakan acara seremonial Perayaan Hari Jadi dengam acara pameran pembangunan (devile Kecamatan dan OPD), kebaktian bersama dan pembukaan selubung Kabupaten Toba. (JMP)

statusrakyat.com