JM3 Ngopi Bareng dan Ngobrol Tentang DERADIKALISASI
Cari Berita

Advertisement

JM3 Ngopi Bareng dan Ngobrol Tentang DERADIKALISASI

9/23/19

StatusRAKYAT.com, Medan - Jaringan Masyarakat Muslim Membangun (JM3) mengajak para tokoh masyarakat untuk ngopi bareng dalam membahas Deradikalisasi. Acara ngopi bareng ini digelar pada tanggal 23 September 2019 di Avros Park Medan. Sebagai narasumber adalah Syaiful Amin Lubis,ST sebagai ketua umum PP JM3, H.Albiner Sitompul S.IP.,M.AP. sebagai Dewan Pembina PP JM3, Dr.H.Ansari Yamamah MA sebagai Dewan Pembina PP JM3, dan Rahmadsyah sebagai Ketua DPW JM3 Sumut, dan yang menjadi moderator dalam acara ini adalah Dewi Sartika SAg,MM.

JM3 melihat, belakangan ini banyak generasi muda terjerumus kedalam ajaran yang radikal. JM3 lahir dua tahun yang lalu berawal dari perbincangan ringan di Pematang Siantar dari hasil kegelisahan karena problematika mengenai demokrasi Indonesia yang cenderung demokrasi ekslusif. Pada tanggal 7 mei 2018, JM3 resmi di deklarasikan digedung Juang Jakarta. Sekaligus melakukan dialog melahirkan sejarah baru Pemilu bermartabat 2018 dan Pilpres 2019. Setelah Pemilu 2018 dan Pilpres 2019, JM3 tetap melakukan niat dan langkah-langkah yang produktif untuk bisa membangun generasi muda, mencerdaskan generasi milenial agar bisa berbuat untuk bansa dan negara.

Dalam kata sambutannya, Ketua umum JM3, Syaiful Amin Lubis,ST mengatakan Deradikalisasi belakangan ini cenderung kontra produktif antara radikal dan yang tidak radikal. Inilah yang menjadi tugas kita bersama, tugas pemerintah, tugas bangsa ini, tugas tokoh-tokoh masyarakat agar dapat menempatkan radikalisasi itu. Dan kecenderungan dalam umat muslim agar tidak terjadi kesalah pahaman yang dapat menimbulkan perpecahan pada anak bangsa.

JM3 hadir untuk membuat konsep bagaimana untuk menciptakan Deradikalisasi sebelum terjadinya Radikalisasi. JM3 tetap menjaga 4 Pilar kebangsaan dalam mempererat situasi yang berbeda pasca Pilpres dan Pemilu, maka JM3 juga melakukan aksi agar perbedaan itu menjadi lentur dan menyatukan kita kembali dengan melakukan terobisan-terobosan.

Dalam hal ini, JM3 juga berharap dalam memicu dan memacu masyarakat untuk berbuat . Saat ini JM3 adalah irganisasi gagasan, belum berbentuk formal, JM3 terus menerus menyerukan dan melakukan dialog-dialog agar menggugah kaum kaum yang lain yang seirama pandangan dalam menciptakan kerukanan berbangsa dan bernegara. Untuk kedepannya, JM3 tetap akan melakukan dialog-dialog yang sesuai dengan fenomena yang terjadi dalam masyarakat atau Negara ini.(SR05)