Sekali Mendayung, KPU Selayar Bersama Jajaran PPK Tuntaskan Tiga Rangkaian Kegaiatan Sekaligus -->
Cari Berita

Advertisement

Sekali Mendayung, KPU Selayar Bersama Jajaran PPK Tuntaskan Tiga Rangkaian Kegaiatan Sekaligus

10 Agustus 2020

StatusRAKYAT.com, Kepulauan Selayar - 
Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Situasi dan kondisi inilah yang kemudian harus dilakoni oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam pemilihan calon bupati dan wakil bupati Selayar, tahun 2020, di sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan Selayar, pada hari, Senin, (10/08).

Betapa tidak, selain harus mengfokuskan perhatian pada pelaksanaan kegiatan bimbingan tekhnis (bimtek) penanganan pelanggaran administrasi, kode etik, dan sengketa pemilu, sepertihalnya yang berlangsung di wilayah Kecamatan Bontoharu. 

Jajaran panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) juga diharuskan membagi perhatian dan konsentrasi untuk melaksanakan kegiatan penyerahan dokumen dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan (bapaslon) dari PPK, ke PPS yang dilakukan secara serentak, di sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan untuk selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi faktual (verfak) menggunakan metode kolektif dan atau berkoordinasi dengan lo penghubung pasangan calon untuk mengumpulkan pendukungnya di satu tempat yang disepakati bersama antara PPS dan lo penghubung pasangan calon.

di hari yang sama, komponen penyelenggara tekhnis pemilu di level kecamatan dan kelurahan, dan desa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan evaluasi coklit tingkat kecamatan pada pemilihan bakal calon bupati dan wakil bupati tahun 2020 yang rata-rata dilaksanakan di dua lokasi berbeda di masing-masing wilayah kecamatan.

Bimbingan tekhnis penanganan pelanggaran administrasi, kode etik, dan sengketa pemilu yang dirangkaiakan dengan penyerahan dokumen dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan dilaksanakan di ruang aula kantor camat masing-masing. 

Sementara kegiatan evaluasi coklit tingkat kecamatan yang dipandu langsung oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, dilaksanakan di sejumlah titik lokasi basis pengembangan pariwisata.

Salah satunya, dilaksanakan di kawasan wisata sumber surya resort, Desa Bontobaru, Kecamatan Pasimasunggu Timur. (Andi Fadly Dg. Biritta)

statusrakyat.com