Bobol ATM Dengan Tusuk Gigi, Amar Dibekuk Polres Pelabuhan Belawan -->
Cari Berita

Advertisement

Bobol ATM Dengan Tusuk Gigi, Amar Dibekuk Polres Pelabuhan Belawan

09 Oktober 2019

StatusRAKYAT.com, Belawan - Kawanan pembobol ATM yang sering mengincar para pengguna nasabah ATM, satu diantaranya digulung anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan. Modus dari kerja mereka, mengganjal mulut mesin ATM menggunakan tusuk gigi.

Komplotan ‘tusuk gigi’ ini terdiri dari tiga orang setiap gelar aksinya dan satu diantaranya yang berhasil diamankan Muammar alias Amar (33) warga Jln.Baru Gg.Sederek Desa Percut Sei Tuan Kab.Deli Serdang.
Mereka diketahui menguras duit korban dari mesin ATM. “Aksi mereka meresahkan nasabah pengguna ATM. Pelaku mengganjal slot kartu ATM menggunakan tusuk gigi. Saat korban memasukkan kartu, otomatis macet. Saat itulah pelaku datang dan pura-pura memberikan bantuan,” kata Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH MH didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico Lavian Chandra SH SIK sewaktu pemaparan kasus, bertempat di Aula Wira Satya.Selasa (8/10/2019).
Selagi kondisi korban kebingungan, menurut Kapolres, pelaku mengarahkan korbannya kembali memasukkan nomor PIN. Bersamaan itu, pelaku lainnya mengintip korban saat menekan tombol nomor PIN di panel mesin ATM. Secepat kilat pelaku menukar ATM milik korban dengan kartu ATM yang sudah disiapkan yang seolah kartu berhasil dikeluarkan. Setelah korban pergi, kartu ATM yang terganjal itu diambil.
 ”Pelaku kemudian mulai menguras isi tabungan korban, terakhir beraksi mereka menguras uang sebanyak Rp.700 juta lebih,” tutur AKBP Ikhwan SH MH
Korban merasa curiga, ada transaksi transfer, langsung melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Kemudian, polisi menyelidiki,melihat rekaman CCTV, dan meringkus satu orang komplotan ‘tusuk gigi’ tersebut,berikut menyita beberapa barang bukti.
“Setelah kita lihat rekaman CCTV, kita langsung memburu pelaku.Dan berhasil menangkap satu orang,saat berada di rumahnya,” jelasnya
“Pelaku sudah tiga kali menjalankan aksinya dibeberapa tempat berbeda, menurut keterangan dari pelaku dia hanya kebagian hasil Rp 90 juta,  dan pelaku ini juga residivis dalam kasus yang sama,” ucap Kapolres
Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Jerico menambahkan selain pelaku pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti.
“Ada sejumlah barang bukti yang berhasil kita amankan yang diduga hasil tindak kejahatan seperti 2 Unit Sepeda Motor, 2 buah Hp, Uang tunai Rp 11,2 juta, 3 buah perhiasan emas, 1 buah dompet, buku tabungan, kartu ATM, 1 unit mesin AC dan satu buah baju berwarna merah,” ucak Kasat.
“Kita masih terus melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lainnya, yang identitasnya sudah kita ketahui,” pungkas Kasat Reskrim AKP Jericco. (red)