11 Rumah di Desa Ujung Deleng Dilahap Sijago Merah -->
Cari Berita

Advertisement

11 Rumah di Desa Ujung Deleng Dilahap Sijago Merah

23 Juni 2021
350


StatusRAKYAT.com, Tanah Karo -
Disiang bolong itu, warga digemparkan dengan adanya Kebakaran yang menghanguskan 11(sebelas) rumah berdinding Papan di Desa Ujung Deleng Kecamatan Kuta Buluh Kabupaten Karo pada Rabu (23.06.2021) sekira pukul 13.00 WIB.

Awal kejadian Kebakaran di ketahui oleh warga ,dimana  warga melihat asap Api mengepul besar di atas rumah warga, sehingga Warga berteriak teriak "kebakaran..kebakaran" yang mengundang warga lainnya berdatangan ke arah lokasi kebakaran.

Mengetahui kejadian tersebut  Kades (Kepala Desa) dan warga setempat dengan cepat memadamkan Api yang sudah semakin membesar,dan meneruskan informasi kebakaran ini ke Polsek Kutabuluh, lantas diteruskan ke Pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Karo.

Sebelum Damkar tiba ,warga bersama Kapolsek Kutabuluh dan Personil melakukan penyiraman dengan Air secara gotong royong untuk memadamkan Api,sekira pukul 14.00 WIB Pemadam Kebakaran tiba dengan 2 (dua) Unit  Mobil Pemadam di TKP yang didatangkan dari Kecamatan Tiga Binanga dan Kecamatan Tiga Nderket.

Adapun nama pemilik atau pun yang menempati Rumah yang terbakar tersebut adalah : J Sinulingga (40),I Br Ginting (60),L Sinuraya (48),M Sembiring (65),A Sembiring (55), T Br Sembiring (48),S Tarigan (45),MU Br Perangin Angin (58),Alm.N Br Sembiring (75)dan S Br Ginting (60) serta  S.Sembiring (40) yang kesemuanya rumah mereka tersebut berdinding Papan.

Sementara itu,Teguh Purba mengatakan," Kapolsek Kutabuluh  bersama Sekcam Kutabuluh , Kepala Desa ,Perangkat,BPD dan warga memberikan himbauan kepada warga agar mengosongkan TKP,kemudian di pasang Polis Line untuk keamanan TK (lokasi),serta  menjamin keamanan dimana kemungkinan adanya harta benda yang berharga masih tertinggal dalam rumah warga yang terbakar,"kata Kepala Bidang Sarpras Dan Pelatihan Damkar Karo ini. 

Kembali,Teguh Purba menambahkan," Api dapat dipadamkan sekira pukul 15.00 WIB,dan Kerugian Materil di taksir  kurang lebih 1 Milliar. Korban jiwa tidak ada,sementara sebab musabab kebakaran belum diketahui pasti,saat ini masih di lidik petugas,"terangnya saat dihubungi via seluler,Rabu (23.06.2021)sekira pukul 17.45 WIB.

Saat kejadian Pihak Polsek Kutabuluh bersama anggotnya dan Sekcam Kutabuluh, Kepala Desa dan perangkat serta BDP Desa Ujung Deleng warga dan Korban Kebakaran berkumpul di Jambur Desa Ujung Delang, untuk melakukan musyawarah dan berkoordinasi mencari solusi terbaik guna membantu Korban Kebakaran tersebut.

Terpisah B.Sembiring, warga Kabanjahe,saat mengetahui kejadian Kebakaran ini,mengatakan ikut prihatin. Namun di satu sisi saya sangat menyayangkan ada 11 rumah terbakar,ini akibat jauh nya jarak tempuh mobil Damkar kelokasi,dan di Kecamatan Kuta Buluh sendiri belum ada Pos Damkar.Jadi Ini harus menjadi perhatian serius Pemkab Karo lah,agar dibuat Pos Damkar di Kecamatan Kuta Buluh, sehingga setiap kejadian serupa bisa cepat ditangani,"ucapnya.

(D'vd/Berjoet)

statusrakyat.com