Plt Wali Kota Tanjungbalai Bersama Forkopimda lakukan Peninjauan Serbuan Vaksinasi -->
Cari Berita

Advertisement

Plt Wali Kota Tanjungbalai Bersama Forkopimda lakukan Peninjauan Serbuan Vaksinasi

07 Juli 2021


StatusRAKYAT.com, Tanjungbalai -
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Asahan (TBA) menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di tempat pelelangan ikan (TPI) Asahan Mati (Selasa, 6/7/2021). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha, Dandim 0208/AS, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Syahrial Bakti, Wakapolres Asahan, Kajari Asahan, Asisten Pemerintahan Kota Tanjungbalai dan para OPD Kabupaten Asahan dan Kota Tanjungbalai.

Dalam kesempatan tersebut Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory memastikan jajarannya siap menggelar vaksinasi massal secara menyeluruh di wilayah maritim Lanal TBA 

"Kita melaksanakan serbuan vaksin kepada masyarakat maritim di Tanjungbalai dan Asahan, yang hari ini dilaksanakan secara menyeluruh di pangkalan-pangkalan kemudian di pasukan Marinir, dan di lanal- lanal seluruh Indonesia atas instruksi Bapak Kasal," kata Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory

Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh seluruh mitra pelayaran TNI AL dan masyarakat pesisir. Warga terlihat antusias mengikuti serbuan vaksinasi ini.

Danlanal mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk strategi jemput bola TNI AL menyalurkan vaksin kepada masyarakat maritim. Sebab mereka beraktivitas di pesisir dan tidak mudah mengikuti vaksin di kota.

"Mereka di pinggir-pinggir dan memerlukan waktu untuk melaksanakan vaksin di kota sehingga mereka mungkin tidak punya waktu. Kita yang mendatangi mereka untuk melaksnakan vaksin," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dan Kota Tanjungbalai. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H. Waris Thalib yang turun langsung meninjau kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di wilayah kerja Lanal TBA menyampaikan apresiasinya.

"Tentunya, melalui kegiatan ini juga sangat membantu pemerintah daerah, untuk kita berupaya agar vaksin massal ini bisa sampai menyeluruh kepada warga masyarakat khususnya di kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan," kata Plt Wali Kota H.Waris .

Lebih lanjut Plt Wali Kota mengatakan, kegiatan kunjungan dan peninjauan ini selain untuk melihat dan memberikan perhatian kepada warga yang berada didaerah pesisir yang sedang melaksanakan vaksin dan juga mengimbau masyarakat lainnya yang belum mengikuti vaksinasi untuk tidak takut atau menolak untuk di vaksin. "Kita tadi membagikan masker kepada para nelayan/masyarakat di sungai asahan saat perjalanan kelokasi kegiatan serbuan vaksin maritim serta menyampaikan informasi tentang pentingnya vaksin agar tubuh yang sudah mendapatkan vaksin memiliki Anti Body yang dapat melawan Virus Covid-19, Paparnya

Selain itu juga kita perlu memberikan semangat kepada para tim medis kesehatan yang bekerja, karena selama wabah virus Corona ini, tim medis kesehatan adalah garda terdepan dalam melawan penyebaran covid-19 ini “ pungkasnya 

Kegiatan serbuan vaksinasi maritim yang digelar oleh Lanal TBA didukung 6 (enam) orang tenaga kesehatan Vaksinator. Jenis Vaksin yang diberikan adalah Sinovac multidose (50 vial). 

Berdasarkan informasi yang didapat, jumlah peserta vaksinasi yang mendaftar untuk masyarakat Kabupaten Asahan 202 orang, tervaksin 173 orang yang mana 165 orang telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan 8 orang untuk vaksin dosis kedua serta 29 orang menyusul untuk divaksin selanjutnya. Sementara itu, untuk Kota Tanjungbalai jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai peserta penerima vaksin 229 orang, tervaksin 205 orang dengan rincian 169 orang telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan 36 orang telah mendapatkan vaksin untuk dosis kedua serta 24 orang menyusul untuk divaksin berikutnya. Sehingga total peserta yang telah divaksin 378 orang.(Arsito)

statusrakyat.com