Bantu Pemerintah, TNI AL Terus Laksanakan Vaksinasi Covid - 19 -->
Cari Berita

Advertisement

Bantu Pemerintah, TNI AL Terus Laksanakan Vaksinasi Covid - 19

14 Januari 2022


StatusRAKYAT.com , Manado - TNI Angkatan Laut giat melaksanakan serbuan vaksinasi maritim sebagai salah satu peran membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat Hal tersebut dikuatkan dengan pelaksanaan vaksinasi yang digelar Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado  dan jajaran di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerjanya. Jumat (14/1)

Diawali dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo yang menggelar serbuan vaksinasi  Covid-19 di Serambi Masjid Al-Ikhlas, Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Dari kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 79 orang dimana 17 orang menerima dosis pertama dan 62 orang menerima dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac, Pfizer dan Moderna.

Selanjutnya Lanal Tolitoli menggelar serbuan vaksin di Lapangan Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan, Kelurahan Panasakan, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, berhasil memberikan vaksin kepada 64 orang diantaranya 40 orang menerima dosis pertama dan 24 orang menerima dosis kedua menggunakan vaksin jenis Pfizer.

Demikian juga dengan Lanal Melonguane yang menggelar serbuan vaksinasi di Kantor Desa Rainis Batupengah, Kecamatan Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud memberikan vaksin kepada 20 orang dimana delapan orang menerima dosis pertama dan 12 orang dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Sementara itu vaksinasi rutin yang dilaksanakan Diskes Lantamal Vlll pada hari ini telah memberikan vaksin kepada 18 orang, sepuluh orang menerima dosis pertama dan delapan orang dosis kedua dengan vaksin jenis Sinovac.  Begitu juga dengan Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung telah memberikan vaksin kepada 18 orang diantaranya tiga orang menerima dosis pertama, empat orang dosis kedua dan sebelas orang menerima dosis ketiga dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.  Sedangkan Lanal Tahuna bertempat di Balai Kesehatan Lanal memberikan vaksin Sinovac kepada 12 orang.

Selama proses pelaksanaan serbuan vaksinasi maritim yang dilaksanakan Lantamal VIII dan jajaaran selalu menerapakan protokol kesehatan secara ketat, dan sampai akhir pelaksanaan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Terkait serbuan vaksinasi maritim tersebut Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono guna memutus penyebaran Covid-19 sekaligus juga membantu pemerintah daerah dalam proses percepatan vaksinasi.

Danlantamal VIII juga menghimbau kepada masyarakat yang belum di vaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua agar segera divaksin, kemudian yang paling penting disini harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan baik diawasi maupun tidak diawasi, ujarnya.(red)