Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Sosialisasi Penyembelihan Hewan -->
Cari Berita

Advertisement

Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Sosialisasi Penyembelihan Hewan

29 Mei 2022


StatusRAKYAT.com , Tanjungbalai - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara "Sosialisasi Penyembelihan Hewan Secara Syar'i", Sabtu (28/5/2022) 

Sosialisasi diadakan oleh Komisi Fatwa Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP-MUI) Kota Tanjungbalai, di Aula Kantor MUI, Jalan Gaharu II, Kelurahan Sirantau, Tanjungbalai.

Sebelum membuka acara, Plt Wali Kota Waris dalam sambutannya mengapresiasi sosialisasi tersebut. Ia pun mengakui, guna mempersiapkan kegiatan yang cukup besar yaitu pelaksanaan kurban yang sebentar lagi dilaksanakan, menurutnya sosialisasi itu sangat perlu diadakan.

"Kegiatan ini Insya Allah akan bermanfaat, khususnya dalam penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha. Ini adalah upaya untuk memastikan pelaksanaan dan higienitas hewan potong qurban agar terjaga, sehat dan aman. Sosialisasi penyembelihan hewan secara Syar’i akan memahamkan para peserta tentang tata cara penyembelihan hewan yang sesuai dengan hukum islam," ucap Waris.

Plt Wali Kota Waris juga mengharapkan para peserta dapat belajar bagaimana menenangkan hewan ketika akan disembelih.
Waris menginginkan agar para petugas pemotong hewan dapat melaksanakan tugasnya sesuai syariat Islam khususnya dari segi kehalalannya.
 
"Bagaimana menenangkan hewan kurban yang akan disembelih. Maka saya mohon dengan sangat pada bapak bapak untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai, amati betul bagaimana seharusnya, dan bagaimana yang akan dilakukan," harapnya  kepada seluruh peserta.

Waris juga meminta para peserta yang mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang proses penyembelihan hewan secara Syar'i juga dapat menyebarluaskan apa yang telah diperoleh kepada masyarakat disekitar lingkungannya masing- masing.

"Saudaraku, bapak bapak sekalian, sebagai seorang tokoh agama di masyarakat, juga bisa mengedukasi para warga sekitar. Tata cara menyembelih hewan qurban harus mengikuti proses yang sesuai dengan hukum islam,"  pungkasnya.

Plt Wali Kota Waris juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada para Narasumber dalam Sosialisasi tersebut.

Adapun Narasumber antara lain Ketua MUI Kota Tanjungbalai yaitu Mualim Hajarul Aswadi, Ust Afrizal Zulkarnain, Muhammad Yunus, dan Ardiyansah Lubis.(Arsito)

statusrakyat.com