Taruna Praktik Magang BP2IP Barombong Gelar Simulasi Bersama Crew KMP. Balibo -->
Cari Berita

Advertisement

Taruna Praktik Magang BP2IP Barombong Gelar Simulasi Bersama Crew KMP. Balibo

09 November 2022


StatusRAKYAT.com , Bulukumba - Kegiatan simulasi digelar taruna Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar (BPLPD) Balai Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong yang sementara praktik magang di kapal ferry KMP. Balibo.
Kapal milik PT. ASDP Indonesian Ferry (Persero) yang selama ini, melayari lintasan penyeberangan Pamatata-Bira.
Simulasi penggunaan pakaian alat proteksi diri (APD) baju hasmat, dan tata cara penanganan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (fire Fire Extinguisher) diberikan sebagai bekal pengetahuan dan bentuk antisipasi dini penanggulangan potensi kebakaran dalam pelayaran.

Simulasi di gelar di kawasan Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba, hari, Rabu, (9/11) di bawah kabut awan hitam dan mendung tebal yang menyelimuti area Pelabuhan Bira.

Dalam kesempatan yang sama, peserta magang juga diberikan bimbingan pengetahuan tentang cara dan strategi memandu pengguna jasa dalam menghadapi situasi emergency akibat cuaca buruk.

Pelatihan diberikan mulai dari tata cara mengenakan life jacket, melepas dan menurunkan liferaft, sekoci, sampai tekhnik penyelamatan serta pertolongan terhadap korban laka laut menggunakan tandu emergency. (Andi Fadly Daeng Biritta)