Tiga Unsur KRI Koarmada II Satgas Trisila Sandar di Dermaga Nusantara Bitung -->
Cari Berita

Advertisement

Tiga Unsur KRI Koarmada II Satgas Trisila Sandar di Dermaga Nusantara Bitung

15 Mei 2023


StatusRAKYAT.com , Manado - TNI Angkatan Laut melalui Koarmada RI menggelar Operasi Trisila yang dilaksanakan oleh Koarmada I, II dan III.  Operasi Trisila dilaksanakan dalam rangka penegakan hukum dan keamanan wilayah perairan yurisdiksi Nasional Indonesia. Hari ini, tiga unsur Yang tergabung dalam operasi Trisila Koarmada II tiba di dermaga Nusantara Bitung. Senin (15/5)

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP., bersama Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, S.E., dan pejabat instansi terkait Bitung menyambut kedatangan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Untung Suropati-372, KRI Singa-651 dan KRI Albacora-867. 

Danlantamal VIII dalam sambutannya mengatakan Operasi Trisila ini adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) oleh tiga Armada di bawah Koarmada RI yaitu Armada I, II dan III dengan sasaran utamanya adalah Bakti Sosial berupa donor darah dan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. 

Selain Bakti Sosial, juga dilaksanakan open ship bagi pelajar di Kota Bitung untuk naik ke atas tiga kapal perang Satgas Trisila dengan tujuan untuk membangkitkan semangat cinta bahari bagi para generasi muda. 
Selain para pelajar, Danlantamal VIII selaku leading sector pelaksanaan operasi Trisila di Lantamal VIII juga mengundang para tamu dan undangan melakukan ship tour di KRI USP-372. 

Di akhir rangkaian kegiatan penyambutan KRI Satgas Trisila, Danlantamal VIII memberikan kesempatan kepada Putra/putri Tomohon untuk berdialog secara langsung dengan Danlantamal VIII dan Ny. Herny Nouldy J. Tangka dilanjutkan sesi tanya jawab dengan perwakilan dari Putra-putri Tomohon. (Yudha)