Kerja Tahun Namo Gajah Berjalan Dengan Meriah
Cari Berita

Advertisement

Kerja Tahun Namo Gajah Berjalan Dengan Meriah

1/6/19



STATUSRAKYAT.com - Medan, Siapa yang tak kenal tentang kerja tahun (pesta tahunan).
Munggkin dikalangan suku lain kurang mengenal dengan yang namanya kerja tahun.  Tapi dikalangan suku karo acara kerja tahun adalah aset leluhur yang harus di teruskan supaya bisa mempererat tali persaudaraan dan kerukunan  di kalangan suku karo, supaya keluarga yang sedang jauh merantau dapat mengingat bagaimana situasi kampung halamannya.

Tepat di tahun baru ini tepatnya di tanggal 4 jan 2019 kelurahan namo gajah mengadakan kerja tahun denga tema " Ndauh Kita Sitedehen, Ndeher Kita Ersada" yang artinya dari ini adalan "Jauh kita merasa kangen, berdekatan kita bersatu",adapun tema ini buat untuk mempersatukan keluarga yang jauh dari kampung halamanya.

Tuhu sembiring di tunjuk untuk ke-2 kalinya sebagai ketua panitia kerja tahun namo gajah mengatakan terhadap wartawan yang mewawancari dia mengatakan " Saya merasa sangat bersyukur,dikarnakan saya kembali diberikan kepercayaan dari masyarakat setempat untuk kembali menjabat sebagai ketua panitia acara kerja tahun namo gajah ini.  Jadi maka pun kita buat kerja tahun kembali dikarnakan daerah kota medan tidak ada yang melakukan kerja tahun.  Dan kenapa kita buat kerja tahun ini,ia karna kita tidak ingin anak cucu kita lupa akan adat karo dan  dapat mengenal bagaimana tentang suku karo sebetulnya. Jadi kita inginkan anak-anak ini dapat mengambil sumber inspirasi dari acara kerja tahun namo gajah ini" ungkapnya

Acara kerja tahun ini diselengarakan selama 2 hari dan di mulai dari tanggal 4-5 jan 2018.
Masyarakat setempat sangat gembira akan acara kerja tahun ini, sehingga masyarakat tumpah ruah memadati jambur namo gajah untuk melihat langgsung bagaimana saja acara ini diadakan.

Menurut Devi Novita Sari Bru Sinulingga selaku sekretaris acara dan Yolanda Febriani Bru Gintinf selaku Bendahara acara menuturkan " adapun Tujuan kerja tahun ini, untuk mempersatukan budaya suku karo yang ada di kelurahan namo gajah ini.  Supaya adik-adik kami bisa mengenal budaya karo sebagaimana rupanya, dikarnakan di generasi yang sekarang ini tidak sama dengan generasi yang dulu. kenapa, dikarnakan generasi sekarang sudah mulai terjerumus ke jaman yang lebih modren dan di situ lah mereka akan mulai perlahan melupakan akan adat budaya dari suku karo. Tapi,meskipun begitu kami menkolaborasikan budaya siadi (lama) dengan modren. Karna kami sangat ingin budaya suku karo di kenal di tingkat nasional dan go internasional." tuturnya.

Adapun acara ini dihadir oleh anggota DPRD kota medan Bapak Kuat Surbakti, Muspida Kecamatan Medan Tuntungan, Babinsa dan Danramil 07 Medan Tuntungan. Dan turut di meriahkan sejumlah artis-artis top tanah karo. (AJT)