Soft launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020",Bupati Karo :Produk Rempah Petani Karo Akan Dipromosikan Di TMII -->
Cari Berita

Advertisement

Soft launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020",Bupati Karo :Produk Rempah Petani Karo Akan Dipromosikan Di TMII

27 Januari 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama  Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, asisten 1 Pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Kadis Parawisata Munarta Ginting, dan Kadis Perindag Edison Karo-karo, menghadiri acara Soft launching "Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020
, di Gedung Pusat Informasi Agribisnis ( PIA ), Senin (27/01) 2020 pukul 10.00 WIB di
Kantor Kementerian Pertanian R.I
 Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Menurut Terkelin,  program Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020, salah satu kegiatan dalam rangka mengangkat potensi hasil pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia, oleh Kementrian, guna mengembalikan  kejayaan Rempah Indonesia.

Kaitan tersebut, Kab Karo sungguh berpotensi  sebagai penghasil Rempah, ditilik latarbelakang faktor  kultur, geografis, dan iklim nya, tanaman memungkinkan  tumbuh subur, akibat kecocokan iklim dan tanahnya, maka masyarakat Karo masih berpeluang untuk mengembangkan dan membudidayakan,"kata Bupati.

Lanjutnya lagi, "tinggal bagaimana cara  pemerintah pusat  mengembangkan tanaman Rempah ini, sesuai program yang baru pertama kali ini digagas oleh Kementerian Pertanian , sehingga  dapat berjalan didaerah Kab /kota, nantinya.Dimana Produk rempah-rempah, perlu terus dipromosikan di tengah persaingan yang semakin ketat dan  memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani khususnya di Kab . Karo, "terang Terkelin Brahmana.

Keikutsertaan  Kab Karo tampil dalam kegitan kegiatan forum dan pameran Rempah yang  di gelar tanggal 17-19 April 2020 di Sasono Utomo  TMII  (Taman Mini Indonesia Indah), Bupati menyebut momentum ini sebagai promosi dan dedikasi hasil Rempah Kab. Karo,tentu kegiatan pameran  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian  ini, dirinya memastikan Pemda Karo sudah siap  dan mengajukan permintaan stand dalam pameran tersebut,"tandasnya.

Sementara Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementerian Pertanian Dr. Ir. Agus Wahyudi menyebutkan akan merebut kembali kejayaan Rempah melalui  Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020. Program ini memperhatikan amanat bapak Presiden RI H. Ir Joko Widodo bahwa Indonesia  adalah salah satu negara penghasil Rempah -Rempah , Kopi dan Kakao terbesar di dunia,"ujarnya.

Disamping itu, kegiatan ini meningkatkan kegiatan promosi rempah-rempah,  Indonesia di pasar di tengah persaingan yang semakin tajam dan meningkatkan pembangunan industri Rempah Indonesia,"papar Agus.

Lanjut Agus dengan adanya pengembangan Rempah Rempah di Kab . Seluruh indonesia, maka secara otomatis kegiatan ini mendongkrak kemauan para Petani menanam sekaligus meningkatkan nilai tambah  perekonomian Petani melalui produk  Rempah  baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah diantaranya : Kayu manis, Kapulaga, Pala, Cengkeh, Jahe,Kemiri, Ketumbar, Kunyit, Lada, Lengkuas, Sereh, Vanila, Temulawak, Bawang, Bangle, Kencur, Asam Jawa, Jeruk Nipis, Kecombrang, Asam Gelugur, Asam Kandis, Lempuyang, Daun Salam, "urainya.

Agus menambahkan, kegiatan forum dan pameran Rempah sudah dijadwalkan  dan  akan di gelar tanggal 17-19 April 2020 di Sasono Utomo  TMII  (Taman Mini Indonesia Indah) dengan melibatkan berbagai pihak, baik sektor Pemerintah Kementerian /Lembaga , Propinsi, Kab /kota, para investor swasta , Pengusaha dan Exsportir, dan praktisi serta pemerhati Rempah seluruh Indonesia, "tandasnya.

(Jona T/D'vd)