46 Peserta Ujian Test CPNS Di Karo Absen Pada Hari Pertama
Cari Berita

Advertisement

46 Peserta Ujian Test CPNS Di Karo Absen Pada Hari Pertama

04 February 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH resmi membuka perdana ujian Test seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2019 dilingkungan Pemkab Karo , Selasa (04/02)2020 pukul 07.55 WIB di Gedung SMP 3 Berastagi Kabupaten Karo,yang juga turut dihadiri Wakil Bupati karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, anggota DPRD Herti Delima Br Purba, Waka Polres Kompol Hasian Siagian, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Kepala Badan Kepegawaian dan Penegembadangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)Tomi Heriko M Sidabutar, AP, perwakilan Kajari Karo dan panitia dari Kanreg VI BKN medan Westerling Siregar, Desi Ati yanti, Widi Lesmana, Eka Rulizha, Slamat Rahmadi, Indah Restiono, Sukono, Muchroni, Para SKPD Kab Karo.

Dalam pesan moral  Bupati , sesaat sebelum meninggalkan ruangan ujian, para  peserta yang akan bertarung ujian seleksi test CPNS , Terkelin mengedukasi  dan mengadvokasi agar berdoalah dulu sebelum mengerjakan soal, percayalah kepada diri sendiri dan jangan percaya ada Joki dan calo. Selain itu, fokuskan pemikiran dalam mengerjakan soal, agar apa yang selama ini anak anakku pelajari dapat diaplikasikan melalui sistem computer assisted test (CAT) ini, "katanya.

Iya, kita monitor dan kita ikuti sampai selesai ujian ini, hal ini tentu kita apresiasi panitia dari BKN dan panitia daerah telah menyiapkan tempat untuk memantau segala pergerakan para peserta ujian dan kita lihat langsung melalui monitor pemantau, bahkan  hasil ujian peserta jika sudah siap langsung ditampilkan hasil nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), semuanya jelas terpanggang,"ungkap Terkelin.

Kordinator panitia pihak Kanreg VI BKN Medan Westerling Siregar mengaku sangat puas pelayanan panitia daerah, sebab sejak awal hingga sekarang Bupati Karo terus hadir memantau dan memonitor jalannya ujian Test CPNS Formasi tahun 2019 tersebut,"ujarnya.

Disisi lain para peserta ujian Test formasi  CPNS tahun 2019 diawal perdana berjumlah 800 orang  semuanya terpantau melakukan ujian telah sesuai SOP (Standar Operasional Prosedural) dan dihari perdana ini, kita nyatakan berjalan dan sukses, demikian juga  untuk hari berikutnya, mudah mudahan semua berjalan dengan baik,"harap Westerling.

Hal senada dikemukakan  panitia daerah Kab. Karo Kepala Badan Kepegawaian dan Penegembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)Tomi Heriko M Sidabutar, AP, membenarkan diawal perdana ujian test CPNS tahun 2019 berjumlah 800 peserta dengan dibagi 4 sesi dan satu sesi jumlah 200 orang, "ujarnya.

Menurut Tomi, setelah para peserta selesai mengikuti ujian melalui CAT, maka para peserta langsung tahu bahwa mereka lolos setelah melihat nilai  ambang batas (passing grade), untuk tahap selanjutnya melalui  tayangan TV monitor, karena nilai transparan ditampilkan,"terangnya.

Sesuai data setelah selesai ujian pelaksanaan 4 sesi dan satu sesi jumlah peserta  200, maka  total peserta 800 peserta,namun quota 800 tidak full akibat ada para peserta Test CPNS tidak mengikuti ujian  dalam sesi 1, hadir 188  tidak hadir 12, sesi 2, hadir 183 orang , tidak hadir 17 orang, sesi 3 hadir 182 dan tidak hadir  8 orang dan sesi 4  hadir 191  tidak hadir 9 orang, jadi total 46 absen, diketahui setelah ditutup ujian pada pukul 16.30 WIB ,"jelas Panitia.

Disinggung para pelamar yang tidak hadir di hari Perdana saat ujian Test CPNS tahun 2019 sesuai data masuk sebanyak 46 orang , apakah ada pemberitahuan  dan alasannya  kepada pihak panitia, Tomi mengaku kepada media, sampai saat ini tidak ada pemberitahuan kepada dirinya selaku panitia daerah maupun alasannya, "jelasnya.

Sebelumnya, para peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi pada bulan Desember lalu, jumlah 7.386 pelamar dan quota yang diambil untuk Pemda Karo formasi CPNS tahun 2019 dengan jumlah quota 261 peserta," pungkasnya.

(Jona T /D'vd)

statusrakyat.com