Mengisi Waktu Libur Mahasiswa Universitas Nusa Cendana Kupang Menenun -->
Cari Berita

Advertisement

Mengisi Waktu Libur Mahasiswa Universitas Nusa Cendana Kupang Menenun

10 Juli 2020

StatusRAKYAT.com, Kupang - Menenun adalah  proses pembuatan barang-barang(kain) dari persilangan dua set benang dengan cara memasuk - masukan benang pakan secara melintang pada benang - benang lungsi.

Jumat (10 juli 2020)Desa Penfui Timur kecamatan Kupang Tengah kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Anastasia Manu adalah seorang mahasiswa Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Fakultas FISIP program studi Ilmu Politik semester empat.

Mahasiswa asal Timor Tengah selatan (TTS) ini menyatakan, kaum Wanita  penjaga dan pewaris tradisi tenun ikat yang menjadi pekerjaan pokok secara turun temurun hingga sekarang dan sebagai generasi millenial khususnya kaum wanita harus wariskan budaya ini.

Untuk mengisi hari libur pekerjaan yang diajarkan sejak kecil adalah membantu ibu mulai dari persiapan bahan-bahan, motif menenun hingga bisa bekerja sendiri.

"Era modern sekarang selalu ikut perkembangan jaman sehingga selalu ingin yang instan. Kebanyakan  mengoleksi barang-barang bermerek, main tik-tokan game online. Dari prakter ini saya melihat sebagai kaum wanita sebagai pewaris terus pelihara budaya menenun agar jangan terkikis oleh perkembangan jaman" ungkapnya.

Semoga generasi millenial tidak lupa dengan pakaian adat daerahnya sendiri. Tutupnya.
(Marianus)

statusrakyat.com