KPU Toba Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara -->
Cari Berita

Advertisement

KPU Toba Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

22 November 2020


StatusRAKYAT.com, Toba -
KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Toba  menyelenggarakan kegiatan simulasi  pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan serentak 9 Desember mendatang . 

Simulasi pemungutan suara dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat dan perhitungan suara dengan penggunaan aplikasi sirekap (siistem informasi rekapitulasi elektronik) di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dalam pemilihan serentak 2020 dilaksanakan di TPS 002 Desa Parparean  II (Pantai Pasir Putih)  Kecamatan Porsea, 21/11/2020.

Ketua KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Toba Henry M. Pardosi, mengatakan simulasi ini adalah untuk mengevaluasi  dan merumuskan proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam situasi pandemi   Covid-19, dengan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi sirekap dalam perhitungan suara.

"Sebagai penyelenggara Pemilu, kita harus memenuhi protokol kesehatan sehingga sukses menjaga kesehatan rakyat dan penyelenggara Pemilu dan dengan aplikasi sirekap maka proses perhitungan Pemilu tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Mewakili Pjs. (Pejabat sementara) Bupati  Toba Harianto  Butarbutar,  Assisten Pemerintahan  Harapan Napitupulu mengharapkan  dengam kegiatan ini pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang , dapat memberikan  rasa kenyamanan bagi masyarakat yakni dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat
 "Akhir akhir ini peningkatan Covid-19 di Kabupaten Toba sangat signifikan , artinya supaya kita lebih waspada dan hati hati terutama dalam rangkaian  penyelenggaraan pilkada baik mulai dari tingkat Kabupaten , Kecamatan, dan Desa.," jelas Harapan Napitupulu

Sementara Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Utara Irwan Zuhdi Siregar menjelaskan pelaksanaan pilkada 2020 merupakan sejarah baru yakni dengan 2 hal yang spesifik yakni pandemi covid-19 dan penggunaan aplikasi sirekap.

Dijelaskannya penyelenggarakan kegiatan simulasi  pemungutan dan penghitungan suara merupakan bagian dari sosialisasi pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan secara nasional  dengan memperkenalkan kepada masyarakat pelaksanaan pilkada dalam pandemi covid-19 dan penggunaan aplikasi sirekap.

Turut hadir dalam acara itu mewakili Dandim 0210/TU, mewakili Kapolres Toba,pasangan calon Bupati/wakil Bupati, Bawaslu, Gugus Tugas Covid-19, BKAG, FKUB,Pemerhati pemilu, Camat Porsea, PPK Se- Kabupaten Toba. (JMP)

statusrakyat.com