Terminal Kabanjahe Mulai Diuji Coba -->
Cari Berita

Advertisement

Terminal Kabanjahe Mulai Diuji Coba

20 Januari 2021


StatusRAKYAT.com, Tanah Karo
-Pembangunan Terminal Kabanjahe yang dikenal dengan terminal atas Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo yang dibangun sejak bulan Mei 2020 yang lalu, kini sudah rampung dan bakal dioprasikan dengan tahap awal, pihak UPT Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perhubungan (PSPP) Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, melakukan uji coba penggunaan terminal Kabanjahe, pada Selasa (19/01) 2021 kemarin. 

Dameria Tampubolon, selaku kepala UPT PSPP Terminal Kabanjahe mengatakan  bahwa kedatangan UPT Perhubungan Sumatera Utara tak lain untuk melakukan uji coba pengoperasian Terminal. Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan sebelum terminal ini nantinya diresmikan. Tahap uji coba ini akan kita lakukan mulai hari ini sampai tanggal 31 Januari mendatang," katanya. 

Lantas diterangkan nya kembali, "Terminal tipe B Kabanjahe ini melayani semua angkutan atau Bus yang termasuk ke dalam jenis AKDP. Hingga saat ini, ada sekitar tujuh perusahaan Bus yang masuk kedalam terminal ini untuk mengangkut penumpang ke berbagai wilayah. 

Nantinya setelah selesai proses uji coba, pihak UPT PSPP akan kembali menutup terminal ini untuk nantinya dipersiapkan dan dilengkapi mana saja aspek yang belum terpenuhi. Nantinya fasilitas pendukung seperti Rambu , dan fasilitas lainnya masih harus dilengkapi untuk mempersiapkan terminal ini untuk di resmikan. "Ini juga kita masih menerima masukan dari berbagai pihak apa saja yang masih kurang dan harus dilengkapi," katanya. 

Terminal tipe B ini ditujukan sebagai pilot project untuk percontohan terminal modern tipe B pertama di Sumut. Terminal baru ini memiliki perbedaan dengan sistem terminal sebelumnya. Dirinya mengatakan, saat ini mereka menerapkan sistem dorong dengan artian antrian untuk Bus -Bus yang akan berangkat. Namun, jika bus masih ingin menunggu penumpang bisa menunggu terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan. Di tempat tunggu Bus tersebut, bisa diberikan waktu lebih dari satu jam,"jelas Dameria ini. 

(D'vd/Riftar)