Seminar Nasional "Perubahan Paradigma Dunia Usaha Berbasis Transformasi Digital" di Lingkungan Kampus IPB -->
Cari Berita

Advertisement

Seminar Nasional "Perubahan Paradigma Dunia Usaha Berbasis Transformasi Digital" di Lingkungan Kampus IPB

16 Oktober 2019

StatusRAKYAT.comJakarta - Prof Rokhmin Dahuri didaulat menjadi keynote speach pada acara seminar nasional bertajuk “Perubahan Paradigma Dunia Usaha Berbasis Transformasi Digital” di Kampus IPB Darmaga, Bogor, Selasa (15/10/2019), mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut memaparkan sejumlah solusi.

Solusi yang disampaikan oleh guru besar IPB ini menyangkut sejumlah problematika perekonomian bangsa. Salah satu yang menjadi paparannya yakni, Indonesia masih sebagai negara berpendapatan menengah bawah (lower — middle income country), dengan pendapatan nasional kotor atau Gross National Income (GNI) sebesar 3.870 dolar AS per kapita berdasarkan data Kemenko Perekonomian tahun 2019) belum menjadi negara makmur (high-income country), dengan pendapatan nasional kotor diatas 12.165 dolar AS per kapita (Bank Dunia, 2018).

“Selain itu, berdasarkan pada kapasitas IPTEK, kita bangsa Indonesia pun belum berstatus sebagai negara maju. Karena, kapasitas IPTEK bangsa Indonesia sampai sekarang masih berada di kelas tiga. Artinya, lebih dari 75 persen kebutuhan IPTEK nasional berasal dari impor. Sedangkan, negara maju adalah mereka yang kapasitas IPTEK nya mencapai kelas satu yaitu lebih dari 75 persen kebutuhan IPTEK nya dihasilkan oleh bangsanya sendiri,” papar Prof Rokhmin Dahuri dalam kata sambutannya.

Selain soal IPTEK, Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) itu menyebut sektor primer seperti pertanian, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pertambangan sebagian besar dikerjakan secara tradisional belum secara optimal dikembangkan menjadi industri berskala nasional. “Sektor sekunder misalnya manufacturing, processing dan packaging itu produktivitasnya juga masih rendah, sementara akses UMKM terhadap lahan usaha permodalan sarana produksi juga minim,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Rokhmin mengajak insan perguruan tinggi mengasah jiwa kewirausahaan (entreprenuership), yaitu suatu kemampuan untuk merubah sesuatu yang tidak atau kurang ada gunanya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, bernilai tambah, dan bernilai ekonomi.
“Dalam bahasanya Pak Ciputra, seorang entrepreneur adalah yang mampu mengubah sampah menjadi berkah. “An entrepreneur is someone who spots an opportunity and acts to make it into a commercial success” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Prof Rokhmin Dahuri mengajak para alumni perguruan tinggi memanfaatkan tranformasi teknologi informasi yang ditandai oleh revolusi industri 4.0 untuk terjun ke dunia usaha mengembangkan sektor produksi dan ekonomi real untuk menciptakan lapangan kerja. “Seluruh rakyat Indonesia, termasuk Civitas Academica dan segenap alumni perguruan tinggi, sangat mendambakan segera terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang maju, adil-makmur, dan berdaulat sesuai dengan cita-cita Kemerdekaan NKRI. Seluruh alumni muda jadilah entrepreneur. PTN di Indonesia harus bersatu menjawab berbagai problematika diatas” tutupnya.

Dalam seminar itu juga turut memberikan sambutan antara lain, Bahlil Lahadalia (Ketum HIPMI), Andre Rahadian, SH, MBA (Ketum ILUNI UI), Oddy Joinaldi (pengusaha pertanian dan peternakan).
Seminar dibuka oleh Prof. Dr. Dhodik Nurochmat, Wakil Rektor IPB. Dan dihadiri pula oleh Fathan Kamil, Ketum DPP HA (Himpunan Alumni) IPB serta hampir semua Ketua DPD HA IPB Provinsi seluruh Indonesia. (Red)