Pemkab Karo Lakukan Penyemprotan Massal, Kapolres Karo : Kesadaran Masyarakat Masih Minim Perihal Covid-19 -->
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Karo Lakukan Penyemprotan Massal, Kapolres Karo : Kesadaran Masyarakat Masih Minim Perihal Covid-19

31 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Penyemprotan massal yang digelar oleh Pemkab Karo sepekan yang lalu, belum menunjukkan kesadaran yang mutlak bagi masyarakat Kab.Karo, khususnya daerah Berastagi dan Kabanjahe sekitarnya, terbukti masih banyak laporan bahwa masyarakat minim kesadaran untuk mematuhi himbauan yang sudah berulang kali ditegaskan oleh pemerintah Karo, baik social distancing dan phsycal distancing harus  dipatuhi dan diindahkan.

Namun ternyata fakta dilapangan menunjukkan masih minim, hal ini untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat, kita  bersama tim lain gelar  apel penyemprotan ulang Disinfektan, "ujar Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, disela sela memberikan pengantar  pengarahan kepada  tim pasukan  Polri /TNI, Damkar , Satpol , dinkes dan BPBD Karo, selasa (31/03)2020 pukul 09.30 WIB di kantor Gugus Tugas Jln Selamat Ketaren Kabanjahe.

Betul, penyemprotan ulang ini agar masyarakat lebih sadar untuk mengikuti anjuran pemerintah tidak melakukan berkumpul dan selalu atur jarak saat kontak satu dengan lain. Kini, banyak kita  terima informasi baik siang maupun  malam masih banyak masyarakat berkerumum disuatu tempat baik Kedai Kopi atau tempat lain, tentu ini sudah sering kali kami himbau dengan mobil patroli dengan menggunakan pengeras suara Toa, agar masyarakat mengurangi berkumpul berdamai ramai, namun hasilnya belum sepenuhnya sesuai diharapkan pemerintah,"ucap nya lagi.

Tapi, kedepan apabila ini belum dipatuhi oleh masyarakat kami pihak Polri /TNI dan satuan lainya akan membubarkan kerumunan yang dianggap berbahaya dalam penyebaran virus Covid-19. Tindakan ini wajar diambil, mengingat masyarakat belum sadar, terkait Covid-19 yang sudah mengintai daerah kita, walaupun saat ini belum terdeteksi, tapi lebih bagus kita waspada dan lebih efektif  memutus mata rantai dengan cara menetapkan dan mematuhi aturan pemerintah,"jelasnya.

Untuk itu, penyemprotan kali ini menyisir daerah Berastagi dan Kabanjahe, dengan melibatkan dua tim, dan peralatan taktis kendaraan Water Cannon Polres Karo diturunkan, melakukan penyemprotan Disinfektan, membasmi Covid-19.

Selain itu, sepeda motor Rainmas, Damkar Kab Karo , dan patroli Satlantas , dan mobil TNI turut diterjunkan, supaya masyarakat tahu dan tergugah kembali bahwa sangat penting penanganan penyebaran virus Covid-19 didahului dengan kesadaran masyarakat,"tegas Kapolres.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sangat mendukung dan mengapresiasi langkah kebijakan yang dilakukan oleh bapak Kapolres membubarkan massa yang berkerumun, sebab kita tahu selama ini Pemkab Karo melalui Ketua Gustu sudah menyampaikan himbauan Kepada 17 Camat agar mensosialisasikan social distancing dan phsycal, sangat penting untuk di patuhi setiap Desa,"ujarnya.

Namun, himbauan  yang telah ada selama ini, belum berhasil menggugah masyarakat, hal ini ditunjukkan dalam Barometer kota Berastagi dan Kabanjahe, pihak Polres setiap melakukan patroli, masih menemukan kurang partisipasi masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dalam hal dilarang berkumpul,"terang Terkelin.

Untuk itu, Terkelin berharap agar masyarakat saling mengingatkan satu sama lain, baik keluarga, sanak famili agar saling tegor sapa, apabila ada yang lupa phsycal distancing dalan Perkumpulan,kiranya diingatkan oleh kepala RT/RW, Kepala Dusun dan Kepala Desa, "harapnya.

Hadir dalam gelar apel penyemprotan ulang Disinfektan Covid-19 Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, Sekda Drs kamperas Terkelin Purba, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Ketua Gusta Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kabag Ops AKP Pol Dearma Munthe, pihak Kodim Kapten Inf Tampubolon. (Jona T/D'vd)