Rakor Virtual Kepala Daerah Se Indonesi -->
Cari Berita

Advertisement

Rakor Virtual Kepala Daerah Se Indonesi

28 April 2021


StatusRAKYAT.com, Tanjungbalai
- Presiden Joko Widodo menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia, (Rabu, 28/4/2021). Kegiatan yang berlangsung secara virtual itu juga diikuti oleh Pemkot Tanjungbalai bersama Forkopimda di Pendopo rumah dinas Wali Kota. Sementara itu bersama Presiden RI di Istana Negara, Jakarta hadir Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Pemerintah menargetkan pada 2021 ini terjadi peningkatan ekonomi hingga 4,5 – 5,5 persen. “Saat ini sudah hampir mendekati normal,” ungkapnya.

Pemerintah melakukan larangan mudik Lebaran di tahun 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Langkah ini diambil karena sebagian besar negara di dunia memasuki penyebaran Covid-19 gelombang ketiga yang cukup mengkhawatirkan.

Upaya menjaga kestabilan ekonomi ini salah satunya dilakukan dengan penanganan Covid-19 yang tepat. Untuk itu, presiden mengimbau kepada kepala daerah melakukan antisipasi pemudik menjelang Lebaran 2021 sebagai upaya pencegahan penularan Virus Corona antardaerah.

Idulfitri tahun lalu kenaikan angka penyebaran Covid-19 mencapai 68-93%, libur Hari Kemerdekaan naik 58-119%, libur bulan Oktober naik 37-95%, Natal dan Tahun Baru naik 37-78%  dan Paskah naik 1,87%. Pemerintah tidak ingin hal ini terulang kembali, terlebih saat ini Covid-19 di beberapa negara masuk ke fase yang mengkhawatirkan.

Gelombang ketiga penyebaran Covid-19 bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga pemerintah memberikan perhatikan khusus penanganan terutama untuk mudik lebaran. 

Tak hanya mengantisipasi arus pemudik, presiden juga mengimbau kepala daerah untuk terus mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat untuk pencegahan penularan Covid-19.

Usai mengikuti rakor bersama Presiden dan kepala daerah se indonesia, Wakil Wali Kota Tanjungbalai H. Waris Tholib mengatakan akan melakukan langkah langkah antisipasi dan kordinasi bersama Forkopimda Tanjungbalai dan stakeholder/instansi terkait lainnya dalam rangka antisipasi kegiatan mudik masyarakat dan edukasi kepada masyarakat. Tentunya, Pemerintah Kota Tanjungbalai bersama Forkopimda siap mendukung dan melaksanakan arahan bapak Presiden dan juga Gubernur Sumatera Utara, pungkasnya

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Tanjungbalai H mengikuti rapat koordinasi tersebut yakni Forkopimda Tanjungbalai, Wakil Ketua DPRD Syahrial Bakti, Wakapolres Tanjungbalai Kompol H. Jumanto, mewakili Dandim 0208/AS Pabung Mayor Indra Bakti, mewakili Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, mewakili Danlanal TBA, Sekdakot Tanjungbalai Yusmada serta Asisten Ekbangsos setdakot Tanjungbalai Zainul Arifin.(Arsito).

statusrakyat.com