Plt Wali Kota Tanjungbalai Monitoring Fasilitas Layanan Ramah Anak -->
Cari Berita

Advertisement

Plt Wali Kota Tanjungbalai Monitoring Fasilitas Layanan Ramah Anak

09 Juni 2022


StatusRAKYAT.com , Tanjungbalai - Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib melakukan monitoring kesiapan fasilitas layanan ramah anak yang ada di sejumlah puskesmas yang di Kota Tanjungbalai, Rabu (8/6/2022)

Dalam kegiatan turut hadir Plt Kadis Kesehatan Ali Azhari, Kadis P3A Darul Yana Siregar, Kabid P2P Yadi Ariyanto, para kepala Puskesmas, Camat serta jajaran Dinkes Tanjungbalai 

Saat kunjungannya melakukan monitoring fasilitas layanan ramah anak, Plt Wali Kota beserta rombongan mengunjungi UPTD Puskesmas Kecamatan Datuk Bandar, Puskesmas di Kecamatan Datuk Bandar Timur, UPTD Puskesmas di Kecamatan Sei Tualang Raso, Puskesmas di Kecamatan Tanjungbalai Utara dan UPTD Puskesmas Mayor Umar Damanik yang berada di Kecamatan Tanjungbalai Selatan. 

Plt Wali Kota mengatakan, kegiatan monitoring fasilitas layanan Ramah Anak ini merupakan kegiatan pemberdayaan, pembinaan kelompok kerja gugus tugas Layak Anak. Kegiatan ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan anak dan memenuhi penilaian Kota Layak Anak Tingkat Nasional. Ia menyebutkan, Kota Tanjungbalai adalah salah satu Kota di Propinsi Sumatera Utara yang mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak.

Perlu diketahui, bahwa penyediaan fasilitas layanan Ramah Anak merupakan 1 kawasan yang terdiri dari Puskesmas Ramah Anak, Sekolah Ramah Anak, Rumah Ibadah Ramah Anak, Kantor Pemerintah Ramah Anak dan Ruang bermain Ramah Anak. Salah satunya yakni Puskesmas ramah anak yang kita lakukan monitoring saat ini, ungkap Waris

"Tentunya semua ini mengarah tentang kenyamanan kepada anak sesuai dengan kaedah-kaedah yang sudah ditetapkan," katanya.

Plt Wali Kota juga menyebutkan, kawasan layanan Ramah Anak ini memenuhi fasilitas untuk anak ketika datang ke kantor Pemerintan/Kelurahan/Kecamatan/tempat ibadah, dan Puskesmas. Adapun layanan yang diberikan dapat meningkatkan edukasi anak dan kualitas tumbuh kembang anak.

"Ketikan anak-anak bertumbuh dengan baik dan berkualitas, Insyaallah generasi kita akan lebih baik, bangsa yang baik ditentukan dari anak-anak muda. Jika anak muda bertumbuh dengan baik bangsa kita akan menuju pertumbuhan bangsa yang baik kedepannya," pungkas Plt Wali Kota Waris Tholib

Ditiap kunjungannya di sejumlah Puskesmas, Plt Wali Kota menitikberatkan pada beberapa fasilitas layanan yakni ruang konseling anak, fasilitas wahana bermain untuk pasien anak, ruang imunisasi dan ruang ASI.(Arsito)

statusrakyat.com