Tiga Dari Lima Pemuda Asal Indramayu Raih Tiga Besar Pemuda Pelopor Jawa Barat 2022 -->
Cari Berita

Advertisement

Tiga Dari Lima Pemuda Asal Indramayu Raih Tiga Besar Pemuda Pelopor Jawa Barat 2022

17 Juni 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat (Dispora Jabar) telah mengumumkan secara resmi peringkat 1, 2 dan 3 Pemuda Pelopor Jawa Barat dari berbagai bidang kepeloporan. 

Terdapat 5 bidang kepeloporan yang dinilai yaitu Bidang Pangan, Bidang Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Inovasi dan Teknologi, serta Bidang Sumbar Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Pelaksanaan seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat sendiri mulai dilaksanakan sejak 24 April 2022. Langkah selanjutnya adalah verifikasi faktual lapangan kepada masing-masing peserta.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu mengirimkan 5 pemuda untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Barat. Mereka yang dikirimkan merupakan hasil kegiatan seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Indramayu yang telah dilaksanakan pada 1 April 2022 yang lalu.

Mereka adalah 
1. Muhamad Zaki, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Agama, Sosial dan Budaya
2. Arsy Nur Fadhilah, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Pangan 
3. Ahmad Fikri, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Inovasi dan Teknologi 
4. Egar Pramudya, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, dan
5. Ayu Widyana, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Pendidikan 

Para peserta ini mengirimkan video dan proposal yang kemudian dinilai oleh Dewan Juri. Selanjutnya 
setelah melalui seleksi, Dewan Juri melakukan ‘fact finding’ pada peserta terpilih pada tgl 27 Mei 2022.

Fact finding merupakan salah satu syarat untuk menentukan pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Propinsi Jawa Barat. ini merupakan langkah verifikasi faktual dari video dan proposal yang telah dikirimkan.

Pengumuman resmi dikeluarkan Dispora Jabar pada tanggal 15 Juni 2022 melalui Keputusan Kepala Dispora Jabar Nomor : 0458/KO.02/Bidyanmud.

Hasil membanggakan diperoleh utusan Kabupaten Indramayu. Dari 5 pemuda yang mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Barat ini, 3 diantaranya berhasil meraih 3 besar.

Tercatat Ahmad Fikri meraih peringkat 3 Bidang Inovasi dan Teknologi. Disusul oleh Arsy Nur Fadhilah yang meraih peringkat 2 Bidang Pangan. Hasil paling membanggakan diperoleh Muhamad Zaki, yang mengikuti seleksi Kepeloporan Bidang Agama, Sosial dan Budaya. Muhamad Zaki berhasil menjadi yang terbaik dan meraih peringkat 1.

Ketiganya berhak memperoleh Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat berupa Piagam. Khusus bagi Pemuda Pelopor Terpilih Peringkat I, selain mendapat Piagam Gubernur Jawa Barat mendapat uang pembinaan dan diikutsertakan pada Kegiatan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.

Kepala Dispara Kabupaten Indramayu Tri Nani melalui Analis Kebijakan di Sub Koordinator Bidang Kepemudaan, Media Heriyanto mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diperoleh para pemuda pelopor asal Indramayu. Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang mendukung penuh kegiatan ini.

"Alhamdulillah, pada kegiatan pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Jawa barat tahun 2022 ini Kabupaten Indramayu meraih prestasi di 3 bidang sekaligus. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Bupati yang telah mensupport kegiatan ini. Pemuda Indramayu banyak mempunyai potensi dan inovasi di berbagai bidang, tidak kalah dengan pemuda-pemudi dari Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat,” ujar Media kepada Diskominfo Indramayu. (Mtd/MTQ)

statusrakyat.com