Wamen Alue Dohong Kunjungi Taman KEHATI dan Taman Tjimanoek -->
Cari Berita

Advertisement

Wamen Alue Dohong Kunjungi Taman KEHATI dan Taman Tjimanoek

01 Juli 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr Alue Dohong berkunjung ke Taman KEHATI dan Taman Ekoriparian Tjimanoek di Kota Indramayu, Jum' at (1/7/2022)

Kehadiran Wamen LHK di Indramayu, untuk melihat langsung Ekoriparian Sungai Tjimanoek dan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) sekaligus melakukan acara peletakan batu pertama penataan Taman Tjimanoek.

Turut mendampingi Wamen LHK Alue Dohong, General Manager Corporate Secretary PT Polytama Propindo, Dwinanto Kurniawan.

Kedatangan Wamen LHK Alue Dohong disambut Sekertaris Daerah Pemkab Indramayu, yang mewakili Sekertaris Daerah Indramayu, Drs. Rinto Waluyo Mpd.

Di Indramayu, Wamen LHK Alue Dohong, mengunjungi RTH Taman KEHATI, taman konservasi basah dan keanekaragaman hayati yang lokasinya juga masih di wilayah Kota Indramayu.

Wamen Alue Dohong sangat tertarik dengan pemanfaatan lahan di wilayah kota yang dijadikan RTH, sekaligus sebagai tempat wisata kota di Indramayu.

Selain sebagai lahan konservasi, penataan RTH Taman KEHATI dan Taman Ekoriparian Tjimanoek, sekaligus menjadi wisata kota. Kedua RTH itu, tidak saja sebagai paru-paru kota dan daerah resapan air, tetapi sekaligus mempercantik wajah kota sehingga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata yang bisa memberi nilai tambah.

"Konsepnya cukup komprehensif dan terintegrasi dengan pemberdayaan masyarakat. Dengan penataan yang estetis, akan menjadi nyaman untuk tempat kunjungan atau wisata. Ini akan memberi nilai tmbah secara ekonomi bagi masyarakat," tutur Alue Dohong.

Taman KEHATI dan Ekoriparian Tjimanoek, kini menjadi dua RTH andalan wisata masyarakat yang terdapat di pusat kota Indramayu.

Penataan dua RTH itu dilakukan PT Polytama Propindo, sebuah industri petrokimia yang lokasi pabriknya di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Polytama menata dua lokasi yang kini menjadi eduwisata Taman KEHATI dan Ekoriparian Tjimanoek, sebagai bentuk kepedulian terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

"Ini merupakan bagian dari konsep Polytama untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam memajukan daerah, serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," tutur Dwinanto.(Mutadi)

statusrakyat.com