Manajer PLN ULP Bitung Amirul Huda Pimpin Apel Peralatan Dan Pasukan -->
Cari Berita

Advertisement

Manajer PLN ULP Bitung Amirul Huda Pimpin Apel Peralatan Dan Pasukan

13 April 2023


StatusRAKYAT.com , Bitung - Mengoptimalkan pasokan listrik dalam selama Bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah/ 2023 Masehi, di wilayah kota Bitung, Manajer PLN ULP Bitung Amirul Huda Bersama Pegawai PLN ULP Bitung Dan PT Andhika Energindo, Dan Mitra Kontrak serta Petugas Layanan Teknik PLN ULP Bitung Menggelar Apel Peralatan Dan Pasukan.

Untuk di ketahui dalam apel peralatan dan pasukan di selenggarakan  di Halaman Utama PLN ULP Bitung, Kelurahan Madidir Ure, Kecamatan Madidir, Kota Bitung. Senin (10/04/2023).

"Kegiatan ini kami lakukan untuk memastikan pasokan listrik aman selama Bulan Ramadhan dan perayaan lebaran Idul Fitri. Untuk itu seluruh petugas dan peralatan harus dipastikan tetap bersiaga untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik," Ucap Amirul Huda Selaku Manajer PLN ULP Bitung.

Iya menyebutkan, selama Bulan Ramadhan dan perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah, PLN ULP Bitung menyiapkan kendaraan operasional sebanyak 3 unit, 16 pelayanan teknik didarat, 6 pelayan teknik di kepulauan lembeh, dan 5 petugas pemeliharaan.

Tentu kami juga melakukan pemeriksaan disisi peralatan kerja serta APD kami agar semua bekerja dengan baik dan aman untuk digunakan selama periode Siaga Ramadhan dan Idul Fitri yang dimulai sejak tanggal 23 Maret hingga 30 April 2023 mendatang.

Untuk lokasi yg dijaga adalah seluruh wilayah kerja PLN ULP Bitung, dan untuk wilayah prioritas adalah seluruh lokasi sholat ied," Katanya.

Tak hanya itu Amirul Huda Menambahkan,
Petugas juga akan bersiaga di setiap masjid besar, rumah sakit, pusat perbelanjaan, zona pemerintahan, zona pertahanan, dan zona transportasi.

Hal ini kami lakukan untuk memastikan pasokan listrik aman sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas ibadah dengan aman, dan lancar," Ujarnya.

Selain mensiagakan petugas dan peralatan, pihaknya juga telah melakukan pemeliharaan dan perbaikan peralatan jaringan distribusi dan perawatan aset-aset kelistrikan lainnya secara rutin dan berkala sebagai upaya preventif untuk menghindari potensi terjadinya gangguan listrik yang menyebabkan padam. Aset-aset kelistrikan yang dilakukan pemeliharaan di gardu - gardu dan Penyulang ( Saluran Udara Tegangan Menengah 20 Kv ) yang berada di Kota Bitung.

Diakuinya, upaya perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan secara rutin untuk meningkatkan reliability dan availiability peralatan 20 kV serta mengurangi risiko terjadinya kerusakan peralatan, meningkatkan keamanan peralatan, dan mengurangi durasi waktu padam apabila terjadi gangguan.

Untuk menunjang kelancaran tugas serta mempercepat proses recovery jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik, PLN ULP Melalui PLN UP3 Manado  mensiagakan 1 unit mobil crane, beberapa kendaraan roda 4 dan beberapa unit kendaraan roda dua, serta 3 unit SPKLU.

"Kami juga mensiagakan 3 tim PDKB dengan beberapa personil yang siap bergerak dengan cepat jika sewaktu-waktu diperlukan di siapkan langsung dari PLN UP3 Manado untuk memperbantukan di PLN ULP Bitung," Kata Manejer PLN ULP Bitung.

Lebih lanjut Manajer PLN ULP Bitung Menjelaskan bahwa kedepan kami adalah cuaca yang beberapa hari kemarin mengganggu kestabilan suplay listrik tidak terjadi lagi beberapa hari kedepan hingga hari H maupun H+lebaran. 

Jika memang kami harus berhadapan dengan cuaca yang tidak baik, semoga kami selalu siap dan sigap untuk kawal semua recovery gangguan2 yang terjadi. 

Namun bagi masyarakat Kota Bitung berpartisipasi untuk bersama-sama menjaga keandalan pasokan listrik selama Bulan Ramadhan dan perayaan lebaran Idul Fitri minimal dengan cara mengikhlaskan pohon atau tanam tumbuh yang dimiliki untuk dapat ditebang oleh petugas, serta tidak bermain layang-layang terutama dengan menggunakan tali kawat disekitar jaringan listrik PLN." Harap Amirul Huda di saat konfirmasi Awak Media lewat Via WhatsApp. Rabu (12/04/2023).


(Hartono)