Masyarakat Desa Kutambaru Akan Segera Renovasi Tugu Kangsa Sang Pendiri Desa Kutambaru -->
Cari Berita

Advertisement

Masyarakat Desa Kutambaru Akan Segera Renovasi Tugu Kangsa Sang Pendiri Desa Kutambaru

27 Mei 2023


StatusRAKYAT.com ,Karo - Tugu Singarimbun Simantek desa Kutambaru berada di tengah tengah Desa Kutambaru Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo,Sumatra utara

Hasil musyawarah masyarakat desa kutambaru agar tugu simantek kuta yang taklain adalah Kuburan pendiri desa yakni Kangsa Singarimbun Rumah Jahe yang telah mendirikan desa kutambaru di abad 19 (Tahun 1837) akan di renovasi.

Panitia pelaksana kegiatan renovasi telah terbentuk berdasarkan mufakat warga dan takterlepas dari mekanisme adat istadat karo (Runggu).

Dari hasil komfirmasi tim media ke pada Milikta Singarimbun selaku kepala desa Kutambaru 27 mei 2023 membenarkan bahwa Panitia pelaksana sudah terbentuk antara lain ;

Penasehat : Pemerintah Desa Kutambaru
Penanggung jawab : Singarimbun dan Anak beru Singarimbun
Ketua umum : Milikta Singarimbun
Ketua I : Enos Singarimbun
Ketua II: Junedi Singarimbun
Ketua III: Drs Kamal Singarimbun
Sekretaris I : Binajakup Sitepu
Sekretaris II : Eben Ezer Sitepu
Bendehara I : Rohaya Br Singarimbun
Bendehara II :Cikep Herawati br Singarimbun ini semua merupakan panitia inti dan akan di dukung oleh Seksi Teknis, Seksi Humas dan Seksi Dana.

Peroses renovasi tidak akan menggunakan dana pemerintah murni dari swadaya warga desa kutambaru yang tingal di Kutambaru maupun di luar desa kutambaru dengan taksasi biaya yang sudah di anggarkan panitia sebesar Rp 200.000.000,-. 

Dana ini semua akan di kumpulkan oleh panitia seksi dana yang perwakilannya sudah di bentuk di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Seksi Dana Kutambaru sekitar:
Kaswan ginting, Sapridal barus,Kardona Gintang,Adi puyra surbakti,Sidon Tarigan,Aswin tarigan,Giman ginting ,Darman ginting,Karya ditepu ,Rolan sembiring,Marlina br singarimbun,Halimah br singarimbun,Kitamin br Singarimbun,Arles sitepu,Jhon kenedi singarimbun.

Seksi Dana Jabodetabek: Andi mesra singarimbun,Terator sitepu,Kurnia singarimbun,Dian br singarimbun,Jumadin singarimbun
Deksi dana Jambi : Erguna dingarimbun,Pembina sitepu, Mejik surbakti

Seksi dana Batam : Perdana singarimbun,Putra tarigan,Srirahayu br singarimbun,

Seksi dana medan: Doanta singarimbun,Dolat singarimbun,Elisa singarimbun,
Poulus tarigan,Setianisa br singarimbun

Seksi pelaksana/teknis: Jangemat muham,Herson sitepu,Firdaus ginting
Seksi Humas: Sastra smbo ginting,Arpin ginting,Joni ginting

Panitia berharap agar semua warga Desa Kutambaru baik di perantauan agar berpartisipasi dalam penggalangan dana renovasi Tugu Kangsa singarimbun tutur Binajakup Sitepu selaku sekretaris Panitia sekaligus anak Beru Singarimbun.(red)