Kelurahan Kemenangan Tani Bersama Pokmas Gelar Pelatihan Tata Boga Untuk Dorong Kreatifitas Masyarakat -->
Cari Berita

Advertisement

Kelurahan Kemenangan Tani Bersama Pokmas Gelar Pelatihan Tata Boga Untuk Dorong Kreatifitas Masyarakat

15 Juni 2023


StatusRAKYAT.com, Medan - Untuk meberdayakan masyarakat khususnya kaum ibu-ibu yang tinggal di  Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, Pihak Kelurahan Kemenangan Tani melaksanakan pelatihan Tata Boga pembuatan kue nastar, roti dan lapis legit selama tiga hari 14 -16 Juni 2023 di Aula Kantor Lurah Kemenangan Tani.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan seputar bagaimana membuat kue nastar, roti, lapis legit yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha yang menguntungkan.

Tampak terlihat antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan tata boga.

Lurah Kemenangan Tani Jan Rudi Purba mengungkapkan, pelatihan ini adalah bagian dari program Pemberdayaan Masyarakat yang menggunakan dana Kelurahan tahun 2023.

Kegiatan keterampilan Tata Boga ini dilaksanakan untuk memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat di Kelurahan Kemenangan Tani.

Jan Rudi berpesan agar para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik. Lewat pelatihan – pelatihan ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga untuk meningkatkan pengetahuan, sakaligus memotivasi mereka untuk menggeluti bidang usaha yang dilatih tersebut.

"Kami berharap kepada peserta agar lebih serius mengikutinya. Dan untuk kedepannya kami menginginkan wirausaha-wirausaha yang baru yang ada di kelurahan Kemenangan Tani ini lebih mandiri untuk dapat membuka peluang usaha," katanya, Kamis (15/6/2023).

"Tujuan kegiatan ini untuk mendorong kreatifitas warga untuk berwirausaha dan mengembangkan dirinya ke UMKM dan pihak Kelurahan juga siap memfasilitasi apabila hasil dari pelatihan ini masyarakat yang ingin berusaha kita bantu mengurus izin usahanya," sambung Jan Rudi Purba.


Pimpinan Lembaga Pelatikan Kerja (LPK) Yayasan Srikandi Ir. Erdawati Suwito, SH mengatakan lewat pelatihan ini para peserta diberikan pelatihan secara materi dan praktik.
Pada hari pertama pengenalan materi teori, hari kedua praktik dan hari ketiga praktik display produk yakni penataan barang dagangan untuk menunjukkan hasil karya perkelompoknya.

Lewat pelatihan ini mereka bisa membuka wirausaha baru dan membuka pelatihan usaha dirumah.
Pelatihan seperti ini bagus, karena begitu siap dilatih mereka langsung dikasih alat jadi mereka langsung berproduksi.

"Oleh karenanya, diharapkan kepada seluruh peserta benar-benar mengikuti pelatihan keterampilan ini. Sehingga usai pelatihan bisa menerapkan pengetahuannya di rumah masing-masing dan bisa buka wirausaha baru," katanya. (AJT)