Satu Bulan Lebih Drainase Rusak, Belum Diperbaiki oleh Pemkot Bitung, Ada Apa? -->
Cari Berita

Advertisement

Satu Bulan Lebih Drainase Rusak, Belum Diperbaiki oleh Pemkot Bitung, Ada Apa?

14 Juni 2023


StatusRAKYAT.com, Bitung - Warga Bitung barat dua RT 2 lingkungan 5 kecamatan Maesa kota Bitung, meminta kepala daerah kota bitung yang di jabat oleh Walikota Bitung Ir Maurits Mantri, MM., Dan Wakil Walikota Bitung Hengki Honandar, S.E., untuk memperbaiki saluran drainase yang mengalami kerusakan sudah dari bulan lalu Sampai sekarang belum ditindak lanjuti dari instansi PUPR kota Bitung maupun Perkim Kota Bitung.

"Kami minta Pemerintah Kota Bitung segera melakukan perbaikan saluran drainase yang rusak ini, karena sekarang sudah musim hujan dan drainase tersebut sudah parah dan  Sampai sebagian dingin rumah sudah ambruk karena sudah longsor terbawah air.

Apalagi kerusakannya sudah sejak dari tanggal 21/05/2023 namun belum juga diperbaiki drainase tersebut," kata Rudy ( 54 ) Warga Bitung Barat Dua RT 2 lingkungan 5  Kecamatan Maesa saat ditemui.

Akibat rusaknya saluran drainase tersebut akibat hujan deras yang terjadi Rabu (14/06/2023) Pukul 18.06 Wita, Selain menimbulkan longsor, hujan juga menyebabkan pagar rumah miliknya sepanjang 20 meter ambruk serta mengancam sebagian rumah warga lainnya apalagi posisinya berada di tebing jalan.

Rusaknya saluran drainase induk di Kelurahan Bitung Barat Dua RT 2 lingkungan 5 ini, sudah mereka laporkan dan sudah pernah ditinjau oleh petugas PUPR maupun Ketua RT 2 lingkungan 5 kecamatan Maesa kota Bitung pada tanggal 24/05/2023,namun sejauh ini belum adanya tanda-tanda akan diperbaiki.

Lebih dalam warga menambahkan bahwa, saluran drainase yang berada dipinggiran jalan protokol atau dikenal tebing STM ini jika tidak segera diperbaiki akan mengancam kelangsungan rumah mereka dan rumah warga lainnya yang berada di dekat saluran pembuangan itu mengingat saat ini sedang memasuki musim hujan.

Dia khawatir, meminta kepada pemerintah kota bitung untuk melihat Keluhan warga yang sudah parah dan belum di tindak lanjuti oleh instansi pemerintah PUPR maupun Perkim, apalagi drainase tersebut sudah semakin parah dan pondasi rumah sudah ambruk di bawah air karena terjadi hujan deras, maka itu pemerintah kota bitung harus lebih turun melihat Keluhan masyarakat, dan jangan hanya diam melihat Keluhan masyarakat yang sudah lama di alami masyarakat," Harapannya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Bitung Hj.Ramlah Ifran  yang menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Bitung dari fraksi Nasdem Mengatakan Bahwa, Baik & akan saya teruskan ke dinas terkait buat ditindak lanjuti," Kata Hj. Ollan sapaannya di saat konfirmasi Awak Media lewat Via WhatsApp.

Sementara itu, Camat Maesa Kota Bitung Handri Benny Enoch, S.IP, MAP saat dikonfirmasi awak media lewat via WhatsApp enggan membalas chatting WhatsApp.



( Yuda )