Konflik Dua Kampung, Polres Bitung Lakukan Rapat Koordinasi, Ini Kata AKBP Tommy Bambang Souissa -->
Cari Berita

Advertisement

Konflik Dua Kampung, Polres Bitung Lakukan Rapat Koordinasi, Ini Kata AKBP Tommy Bambang Souissa

07 Juli 2023


StatusRAKYAT.com, Bitung - Kapolres Bitung AKBP. Tommy Bambang Souissa, S.I.K Menggelar rapat koordinasi Dalam rangka penyelesaian permasalahan antara kelompok anak -anak muda yaitu Kompleks Pasar Tua dan Parigi Tofor Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.

Dalam rapat koordinasi berlangsung Aula Endra Dharmalaksana Polres bitung, Kamis (06/07/2023).

Rapat koordinasi di hadiri langsung oleh Kapolres Bitung AKBP. Tommy Bambang Souissa, S.I.K., Dandim 1310 Bitung Letkol. Arm. Yoki Efriandi Gumay, M.Han., Asisten I Pemkot Bitung Frosman Dandel, S.Sos., Waka Polres Bitung KOMPOL. Andri Permana, SIK., Kabag Ops Polres Bitung KOMPOL. Jendri Lewan, SE., Kapolsek Maesa KOMPOL. Dewa Ayu Rayoka Cempaka, SIK, Danramil 01 Bitung KAPTEN. Inf. F. Liwutang, KBO Sat Reskrim Polres Bitung IPTU. Heru Purwadi., KBO Sat Intelkam Polres Bitung IPDA. Alfons Kawang, Pasi Intel Kodim 1310 Bitung LETDA. Lucas, P. L., Camat Maesa Handri B. Enoch., Kasat Pol PP Pemkot Bitung Steven Sulu, Lurah Bitung Tengah Rustam Monoarfa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Perwakilan Masyarakat Kelurahan Bitung Tengah.


"Adanya terkait permasalahan yang terjadi antara Kelompok anak -anak muda antara  kompleks Pasar Tua dan Parigi Tofor, kelurahan Bitung tengah kecamatan Maesa kota Bitung.

Permasalahan ini disebabkan karena adanya oknum atau pelaku kriminal yang berimbas kepada perkelahian kelompok, dan hal ini perlu ada peran aktif dari orang tua.

“Menyikapi permasalahan tersebut marilah setiap komponen Pemerintah, Warga masyarakat dan orang tua untuk berperan aktif mencegah terjadinya gangguan kamtibmas diwilayah Kota Bitung, “Kata AKBP. Tommy Bambang Souissa, S.I.K., di Saat Acara Rapat koordinasi Berlangsung di Aula Polres Bitung.


Kapolres Bitung Menambahkan bahwa, Polres Bitung akan berkoordinasi dengan Kodim 1310/Bitung dan Pemerintah Kota Bitung untuk menerepakan Jam pada waktu malam hari.

“Polres Bitung akan berkoordinasi dengan Instansi terkait guna menerapkan Jam Malam diwilayah Kompleks Pasar Tua dan Parigi Tofor Kelurahan Bitung Tengah Ling IV dan Lingk V Kecamatan Maesa Kota Bitung guna mencegah terjadinya kerawanan kamtibmas, ” Bebernya.


Tempat yang Sama Dandim 1310 Bitung LETKOL. Arm. Yoki Efriandi Gumay, M.Han Menjelaskan bahwa, “Permasalahan yang terjadi di wilayah Kota Bitung di sebabkan karena ketidak pedulian dari warga masyarakat terhadap suatu permasalahan. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan antara lain Ketidak pedulian dari orang tua terhadap pergaulan anak anak muda dan Lingkungan tempat tinggal yang mempengaruhi psikologis anak muda, “ucap Letkol Arm Yoki Efriandi.

Lebih dalam Dandim 1310/ Bitung mengatakan,Personil Kodim 1310 Bitung siap mendukung dan membantu Polres Bitung dalam menciptakan situasi kondusif diwilayah Kota Bitung.

“Maka dari itu marilah kita bersatu menjaga stabilitas keamanan di Kota Bitung."  Kami akan laksanakan Patroli Garnisun setiap harinya diwilayah Kota Bitung dan akan membangun Pos Pengamanan untuk menjaga stabilitas keamanan diwilayah Kompleks Pasar Tua dan Parigi Tofor," Katanya.

"Untuk itu kiranya Pemerintah Kota Bitung melakukan penataan terhadap pemukiman di kompleks Parigi Tofor dan Pasar Tua dan perlu diketahui kami akan melakukan operasi senjata tajam dirumah rumah yang berada dikompleks Pasar Tua dan Parigi Tofor, “ Harap Letkol. Arm. Yoki Efriandi Gumay, M.Han.

Sementara itu Juga Kapolsek Maesa Kompol Dewa Ayu Rayoka Cempaka, SIK juga memaparkan bahwa, "Polsek Maesa telah melakukan segala upaya pencegahan dengan penindakan.

“Kami dari Polsek Maesa telah melakukan upaya Pencegahan sampai dengan Penindakan hukum untuk menyelesaikan permasalahan tersebut

Namun warga masyarakat tertutup dalam memberikan informasi apabila terjadi permasalahan diwilayah Pasar Tua dan Parigi Tofor, telah beberapa kali dilakukan mediasi terhadap kedua kelompok anak-anak muda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,"Ucapnya.

"Kami meminta kepada masyarakat agar saling memberi informasi jika ada keributan di sekitaran wilayah demi kenyamanan,ketentraman dan keselamatan untuk masyarakat, “ Harap Kompol Dewa Ayu Rayoka Cempaka, SIK.


Lurah Bitung Tengah Rustam Monoarfa mengatakan bahwa, "Saya mengapresiasi kinerja Polres Bitung dan Kodim 1310 Bitung dalam melakukan upaya penyelesaian atas permasalahan kelompok anak -anak muda di Kelurahan Bitung Tengah.

Permasalahan antara kelompok anak-anak muda sudah sering terjadi dan meresahkan warga masyarakat dan Kiranya pihak keamanan khususnya Polres Bitung dan Kodim 1310/ Bitung dapat memberikan tindakan tegas terhadap pelaku kriminal untuk menimbulkan efek jera," Tutur Rustam Monoarfa.

( MP )