Dandim 1310/Bitung Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila -->
Cari Berita

Advertisement

Dandim 1310/Bitung Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

01 Oktober 2023


StatusRAKYAT.com, Bitung - Kodim 1310/Bitung melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, bertempat di Lapangan Upacara Makodim 1310/Bitung Jl. Babe Palar Kel. Madidir Unet Kec. Madidir Kota Bitung. Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Minggu (01/10/2023).

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh anggota Kodim 1310/Bitung ini diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

Dalam rangkaian Upacara, Wadanramil 1310-06/Airmadidi Letda Inf Jacob Judas, membacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana di lansir Kemendikbudristek.

Usai upacara, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan, upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini merupakan penghormatan kepada pahlawan Revolusi yang gugur dalam tragedi Nasional tahun 1965 silam.
“Jangan pernah kita melupakan Hari Kesaktian Pancasila, kita wajib mengingatkan anak-anak kita tentang Hari Kesaktian Pancasila ini, guna mengingat perjuangan para pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar negara, serta sebagai ideologi bangsa, walaupun ada oknum yang mencoba merubahnya," Jelas Dandim.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Nofri A. Pratasik, S.I.P., Pabung Minut Mayor Chb Mustafa Umboh, Para Pasi Kodim 1310/Bitung, Para Danramil Jajaran Kodim 1310/Bitung, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 1310/Bitung. (Yudha)