Dimotori Dinas Sosial Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Semarak dan Meriah di Kabupaten Selayar -->
Cari Berita

Advertisement

Dimotori Dinas Sosial Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Semarak dan Meriah di Kabupaten Selayar

12 November 2023


StatusRAKYAT.com, Selayar - Tanggal 10 November 2023 menjadi moment sakral bagi segenap elemen bangsa, terkhusus bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan dalam memperingati sekaligus mengenang pengorbanan, arwah, serta jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut diinterpretasikan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui rangkaian upacara hari pahlawan yang dilaksanakan di lapangan kantor bupati, Jum'at, (10/11) pagi.

Wakil Bupati Selayar, H. Saiful Arif, SH yang bertindak selaku Inspektur upacara berkesempatan membacakan amanat seragam Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.
Dalam amanat seragam yang dibacakannya, wabup H. Saiful Arif, SH menandaskan, "hari pahlawan ke 78 tahun 2023  diperingati dengan mengetengahkan thema sentral semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

"Tema ini kata dia diangkat dan diketengahkan dengan melalui proses renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata".

"Hal tersebut didasarkan pada posisi dan letak strategis Indonesia sebagai salah satu pasar besar yang dikaruniai oleh serapan potensi sumberdaya alam luar biasa mulai dari hamparan lahan tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral".

"Hal ini merupakan salah satu bentuk tantangan nyata tersendiri bagi generasi penerus dalam mengelolah kekayaan sumber daya alam dengan daya dukung potensi penduduk Indonesia yang sepenuhnya diharapkan akan bermuara pada kejayaan bangsa dan negara."

Lanjut wabup menututkan, "tantangan ini akan kita taklukkan dengan berbekal semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme sepertihalnya yang diwariskan dan dicontohkan para pejuang
10 November 1945".

Tidak mudah memang kata dia, tapi berbekal kemauan dan kerja cerdas, semua pasti bisa, ungkapnya di hadapan peserta upacara yang dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) diantaranya, Kapolres Selayar, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH. S.IK, MM.M.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Selayar, Hendra Syarbaini, S.H., M.H, Dandim 1415/Selayar yang diwakili Pasiter, Kapten Arh Muh. Danial Rustam.

Turut hadir, Ketua Pengadilan Agama, YM Muh. Yusuf, S.H.I., M.H, Kepala Rutan Klas II B Kepulauan Selayar, Ario Galih Maduseno, Kepala Kantor UPP Selayar, Muh. Irfan Jayadinata, S.SiT., M.H., M.,Mar.E, Kepala Pos SAR Selayar, Andi Raswan yang didampingi oleh segenap jajaran.

Mengutip pernyataan menteri sosial, Tri Rismaharini, wabup, H. Saiful Arif, SH mengungkap, "pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang yang dengan mudah bersimpuh dan mengaku kalah, sebesar apapun tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara, generasi negeri senantiasa diajarkan untuk mengepalkan tangan dan menggelorakan dada".

Meski hanya berbekal bambu runcing dalam menghadapi pertempuran di medan perang, pejuang 10 November yang bergandeng tangan bersama rakyat, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan pengikutnya berhasil tampil menjadi pemenang melawan musuh dengan segala persenjataan terbaiknya.

Pejuang bersama komponen rakyat, tokoh masyarakat, dan pengikutnya dari seantero nusantara melebur menjadi satu merdeka atau mati.

Pahlawan disebut merupakan orang yang ditonjolkan karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok, golongan, dan atau diri sendiri, paparnya, menirukan pernyataan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Satu kesyukuran kata wabup, karena saat ini, semangat untuk mengentaskan kebodohan dan memerangi kemiskinan mulai dirasakan denyutnya di hampir seluruh pelosok negeri.

Rangkaian semangat yang dilandasi oleh nilai nilai perjuangan pahlawan bangsa di era tahun 1945.

Semangat  yang memicu adrenaline dan menolak kekalahan dan menyerah pada situasi serta keadaan.

Landasan semangat yang menyatukan seluruh elemen generasi bangsa untuk bersama sama mewujudkan tatanan kehidupan berkebangsaan dalam bingkai persatuan, berdaulat, adil, dan makmur  sekaligus memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa  menuju arah dan masa depan kehidupan yang lebih baik.

Akhirnya, atas nama pemerintah, menteri sosial yang amanatnya dibacakan wabup H. Saiful Arif, SH, menyampaikan ucapan selamat hari pahlawan tahun 2023 dan mengajak segenap elemen bangsa untuk bersama sama memanjatkan doa bagi arwah pahlawan yang telah gugur menjadi kusuma bangsa.

Hadir dalam rangkaian upacara yang dimotori bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kepulauan Selayar tersebut, Wakil Ketua DPRD Selayar, M. Affandi, Sekretaris Daerah, Drs. Mesdiyono, M.Ec., Dev, yang didampingi Asisten Ekbang dan Kesejahteraan, Ir. Arfang Arif, staf ahli, Drs. Hizbullah Kamaruddin, Kepala Dinas Sosial, Hj. Satmawati, S.Sos., M.AP bersama segenap jajaran, serta jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. 

Seusai upacara, rangkaian peringatan hari pahlawan dilanjutkan dengan pelarungan bunga, ziarah ke taman makan pahlawan (TMP) Barugaia dan tabur bunga oleh Irup, yang dihadiri, serta diikuti oleh jajaran Forkopimda, bersama segenap peserta upacara lainnya. 

Prosesi ziarah dan upacara tabur bunga, dipimpin Kapolres Selayar, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH. S.IK, MM.M.IK, yang bertindak selaku Inspektur upacara.

di Lokasi terpisah, upacara peringatan hari pahlawan turut digelar UPBU H. Aroeppala Selayar.

Bertindak selaku inspektur upacara, Analsis SDM UPBU H. Aroeppala, Nurul Ichsan, S. Kom yang diikuti oleh seluruh personil.

Peringatan hari pahlawan kata Nurul Ichsan, hendaknya dapat dimaknai sebagai momentum hari bersejarah untuk tidak melupakan jasa pahlawan yang pada masa lalu, telah berjuang dengan gigih merebut kemerdekaan.

Upacara serupa turut digelar keluarga besar UPT SMPN Benteng Jempea No.7,, Kepulauan Selayar dengan menampilkan drama treatikal peringatan hari pahlawan nasional tahun 2023.

Senada, keluarga besar SMA Negeri V Kepulauan Selayar, turut memperingati hari pahlawan tahun 2023 melalui penyelenggaraan upacara HUT Pahlawan.

Upacara yang sama, berlangsung di Mtsn Kepulauan Selayar. Rangkaian upacara peringatan hari pahlawan, ikut digelar oleh Keluarga besar Rutan Klas II B Kabupaten Kepulauan Selayar.

Upacara peringatan hari pahlawan yang sebelumnya diisi dan dimeriahkan oleh pelaksanaan giat kerja bakti dan bersih lingkungan yang dipusatkan di sekitar kawasan taman pusaka Benteng.

Kepala Rutan Klas II B Kepulauan Selayar, 
Ario Galih Maduseno mengutarakan, kegiatan ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia dan nikmat tuhan yang Maha Esa dan sekaligus menandai rasa terima kasih kepada para pahlawan terdahulu yang telah berjuang tanpa pamrih dengan mengorbankan darah dan segenap jiwa raga untuk kepentingan bangsa serta negara kesatuan Republik Indonesia.

Apresiasi disertai ungkapan terima kasih, dan penghargaan, dilontarkan Kepala Rutan Klas II B Kepulauan Selayar, Ario Galih Maduseno atas kerjasama dan kontribusi keluarga besar Rutan Klas II B Kepulauan Selayar yang telah bahu membahu mendukung suksesnya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan di internal Rutan.

Sementara itu, mengisi dan memeriahkan peringatan hari pahlawan tahun 2023, keluarga besar UPT SD Benteng No. 62 bekerjasama dengan Aparat Kepolisian Polres Selayar menggelar sosialisasi pembulyian, perundungan dan deklarasi 
pembulyian, perundungan yang dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan dirangkaikan dengan giat kerja bakti massal di kota Benteng serta kunjungan siswa ke taman makan pahlawan Barugaia dan berbagai rangkaian kegiatan lain yang digelar di UPT SDI Benteng No.62 Kepulauan Selayar. 

di hari yang sama, upacara peringatan hari pahlawan juga turut mewarnai sejumlah lingkungan sekolah di Kabupaten Selayar salah satunya berlangsung di UPT SMP Todakke No. 21 Kepulauan Selayar.

Beragam perlombaan mengisi serta memeriahkan rangkaian peringatan hari pahlawan tahun 2023 di lingkungan UPT. SMP Todakke.

Gelar upacara peringatan hari pahlawan juga ikut dilaksanakan keluarga besar Madrasah NWDI Selayar Sakti. (Fadly Syarif)