Seperti Apa Sih Itu KRI Dokter Radjiman Wedyodiningrat, Ini Kata Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono -->
Cari Berita

Advertisement

Seperti Apa Sih Itu KRI Dokter Radjiman Wedyodiningrat, Ini Kata Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono

19 November 2023


StatusRAKYAT.com, Bitung - Pemerintah Indonesia berencana akan mengirimkan kapal rumah sakit yang fasilitas lengkap dan cangkih yang dioperasikan oleh TNI Angkatan laut untuk membantu korban kemanusian di wilayah gaza Palestine.

Indonesia berencana akan mengirimkan kapal rumah sakit ke palestina untuk Membantu krisis kemanusiaan. 

Saat ini TNi Angkatan laut memiliki tiga kapal rumah sakit salah satu nya KRI dokter Radjiman WedyodiningratWedyodiningrat. 

Seperti apa sih itu KRI dokter Radjiman Wedyodiningrat.... ? 

Di lihat dari tampilan dari luar KRI dokter Radjiman Wedyodiningrat serupa dengan kapal serbu kapal ambifi namun Kapal buatan galangan dalam negeri PT PAL itu memang di desain khusus kapal rumah sakit. 

Sebagai kapal rumah sakit fasilitas, perawatan ini yang lengkap kapal dokter Radjiman Wedyodiningrat memiliki dua ruang IGD, lima ruang operasi, ruang icu, ruang hcu, ruang laboratorium, Delapan klinik special dan sebagainya. 

Bahkan kapal ini memiliki ruang Ct scan
Dan tampung kapal ini mencapai 124 tempat tidur tapi dengan keadaan yang darurat di tambahkan tempat tidur yang bisa di pasangkan tendek atau helidek sehingga total bisa menampung hingga mencapai 500 pasien

Sebagai kapal khusus rumah sakit, 
Sirkulasi udara di kapal ini sudah di atur agar tidak tercampur dengan ruang awak kapal, bahkan kapal tersebut memiliki intalasi Pengelohan limbah sendiri dan mampu memproduksi oksigen medis secara mandiri. 


" Salah satunya di dek pendek ini memiliki ruang UGD khusus nya ini Pasien atau korban lewat daratan dan kita angkut dengan ambulance dan di arahkan ke ruang UGD ini untuk di tangani. 
Kalau untuk jalur udara di dek tiga helicopter itu memiliki UGD sendiri," Ucap Komandan KRI dokter Radjiman Wedyodiningrat.


" KRI dokter Radjiman Wedyodiningrat  Memiliki heliped yang dapat di darati oleh dua helicopter yang berukuran sedang bahkan kapal ini memiliki dua kapal ambulance dengan memiliki peralatan cukup Lengkap yang layaknya ambulance di darat. 

Dan begitu evakuasi Dan Pertolangan terhadap pasien bisa dilakukan dengan cepat," Ujarnya.

Kapal yang baru di resmikan pada bulan January yang lalu ini, memiliki 163 awak dalam keadaan normal kapal ini bisa membawa  16 personil kesehatan namun jika di perlukan KRI dokter Radjiman Wedyodiningrat ini bisa mengangkut sebanyak 150 tenaga kesehatan berupa dokter dan perawat," Tutur Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono.S.T., M.M. di saat konfirmasi awak media lewat pesan WhatsApp, Jum'at (17/11/2023). (red)