Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang Membuka Festival Kopi Ke II Di Taman Mejuah-juah Berastagi
Cari Berita

Advertisement

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang Membuka Festival Kopi Ke II Di Taman Mejuah-juah Berastagi

12/8/18


StatusRAKYAT. COM,  Berastagi - Cory Sriwaty Br Sebayang selaku wakil Bupati Karo membuka kegiatan Festival Kopi II (dua) yang di gelar selama 2 hari (08 – 09 / 12) 2018 Sabtu (08/12) 2018 pukul 10. 30 WIB di Taman Mejuah juah Berastagi dengan tema ” Kopi Kita Kopi Karo "
Kabupaten Karo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara sebagai daerah sentra pertanian dan pariwisata yang terletak di dataran tinggi pegunungan bukit barisan dan berada pada ketinggian 120 – 1.600 MDPL. 

Adanya dua gunung merapi yang masih aktif tentunya sangat mempenagurahi kesuburan lahan pertanian, dan inilah yang membedakan Kabupaten Karo dengan Kabupaten lainya yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini, ” ungkap Cory Sriwaty Br Sebayang mengawali sambutannya.

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian nasional, khususnya sebagai sumber pendapatan daerah,devisa negara dan juga penyedia lapangan pekerjaan. Dimana beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan penikmat Kopi dalam Negeri dimana pula pengetahuan masyarakat mengenai khasiat Kopi untuk kesehatan sudah meningkat sehingga permintaan untuk konsumsi juga meningkat, ” jelasnya .

Dengan adanya Festival Kopi Karo yang ke-2  ini semoga dapat bermanfaat bagi petani Kopi, Praktisi Kopi, pemerhati Kopi serta masyarakat Kabupaten Karo, sehingga Kopi Karo semakin di kenal dan dengan harapan dapat menjadi komoditi ekspor yang berasal dari Kabupaten Karo, ” cetus wakil Bupati. 

Pemerintah sangat mendukung petani Karo dan melalui dinas Pertanian agar tetap mempertahankan dan mengembangkan Kopi Karo. Dan bagi pelaksana dan penjual kopi pilih lah yg terbaik agar Kopi Karo tetap lah yang terbaik. Kami harapkan kepada para kepala desa, Camat agar petani petani Kopi kita harus di perhatikan, harapnya.

Sementara pihak BNPB Karo yang turut hadir mengatakan, ” dengan di dukung oleh para stakeholder Kopi Karo sudah dikenal luas bahkan sudah mendunia, kita BNPB sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan festival Kopi Karo ini, agar petani Karo juga makin semangat untuk bertani, ” harapnya. 

Sebagai Panitia penyelenggara acara pestival Kopi ke-2 Kabupaten Karo yaitu Kadis Pertanian (Sarjana Purba) Dalam laporan nya menyampaikan bahwa Kopi Karo ini belum terdaftar secara hukum untuk itu tahun depan akan kita branding agar terdaftar di Menkumham RI,”pungkasnya. (AJT)