Babinsa Kelurahan Jajar Terjun ke Sawah Guna Dongkrak Hasil Panen
Cari Berita

Advertisement

Babinsa Kelurahan Jajar Terjun ke Sawah Guna Dongkrak Hasil Panen

08 May 2019

StatusRAKYAT.com, Surakarta - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Jajar Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta Sertu Sugiyarto melaksanakan pendampingan terhadap petani untuk melaksanakan pembersihan rumput yang berada di sekitaran tanaman padi jenis Situbagendit, umur padi 45 hari yang berada di Persawahan Wilayah Rt.06, Rw.06, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Rabu (08-5-2019).

Dalam pelaksanaan pendampingan kali ini Babinsa bersama-sama dengan petani melaksanakan  pembersihan rumput di lahan persawahan dalam rangka perawatan tanaman padi untuk mensukseskan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.

Saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut Sertu Sugiyarto mengungkapkan bahwa rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

"Selain itu penyiangan juga bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari." Bebernya.

Lebih lanjut Sugiyarto menambahkan bahwa tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal, mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma agar tanaman padi tumbuh normal." Imbuhnya.

"Diharapkan dengan adanya pendampingan kepada petani ini akan mampu mendongkrak hasil panen sehingga kesejahteraan para petani akan semakin meningkat dan ketahanan pangan dapat terwujud." Pungkas Sugiyarto.(Arda 72/red).

statusrakyat.com