Perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2019
Cari Berita

Advertisement

Perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2019

13 October 2019

StatusRAKYAT.com, Medan - Perayaan Hari Ulos Nasional yang diadakan pada tanggal 17 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka Medan. Untuk memeriahkan Perayaan Hari Ulos Nasional ini akan menampilkan Parade Ulos dengan peserta 6000 orang, Karnaval Ulos, Fashion Show Ulos, Orasi Mengenai Ulos dan Panggung hiburan Rakyat dan Bazaar.

Ulos adalah salah satu warisan budaya tak benda yang telah memperoleh seritifikasi nasional pada tanggal 17 Oktober 2014. Untuk tetap melestarikan Ulos, maka kita selaku masyarakat batak harus tetap menggunakan ulos dan mendukung penuh atas terlaksananya acara Hari Ulos Nasional ini.

Nelly Sihite selaku Ketua Umum Panita juga mengajak masyarakat kota Medan, khususnya Suku Batak untuk ikut serta dan meramaikan acara Hari Ulos Nasional yang diadakan di Lapangan Merdeka Medan. Maksud diadakannya acara Hari Ulos Nasional ini menjadi Hari Ulos Sedunia yang akan diperingati dan dirayakan setiap tanggal 17 Oktober. Tujuan digelarnya acara ini juga untuk mengajak seluruh warga masyarakat Batak yang tua maupun yang muda agar mengingat dan menghargai Ulos adalah warisan leluhur Batak.

Senada dengan Nelly Sihite, Maria Reny Simanjuntak yang juga adalah Panitia Acara Hari Ulos Nasional mengajak kita warga kota Medan untuk ikut memeriahkan acara ini dan mengambil bagian di dalam acara ini. Maria Reny Simanjuntak juga menambahkan bahwa Hari Ulos Nasional adalah suatu kebanggan bagi kita masyarakat Batak yang ada di Indonesia, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan juga di kembangkan.

Daniel Kaban yang notabene adalah salah seorang aktivis Budaya Batak mengatakan "mari kita meriahkan Hari Ulos Nasional pada tanggal 17 Oktober 2019 dengan memberikan dukungan dan apresiasi dengan menghadiri acara tersebut". Daniel Kaban juga menambahkan bahwa "ulos adalah suatu kebanggan suku Batak karena Ulos adalah salah satu ciri khas dari suku Batak, terlebih lagi bahwa Ulos sudah menjadi milik Dunia karena telah mendapatkan pengakuan dari PBB sebagai cagar Budaya yang dilindungi".
Acara Hari Ulos Nasional tahun ini dengan tema "Batak Nampunasa Ulos (ulos milik suku batak)" dan dengan Sub Tema "Mari kita tingkatkan keberadaban dengan menghargai warisan budaya leluhur".
Mari kita masyarakat kota Medan untuk menghadiri dan merayakan Hari Ulos Nasional ini. (SR05)