Bupati Karo Hadiri Peluncuran Buku Biografi Nerus Ginting Suka
Cari Berita

Advertisement

Bupati Karo Hadiri Peluncuran Buku Biografi Nerus Ginting Suka

29 November 2019

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Tarkelin Brahmana SH didampingi Staf Ahli Bupati Karo Agustin Pandia, Kadispora Robert Billy Peranginangin menghadiri  Delekrasi Peluncuran Buku Biografi Pejuang Nerus Ginting Suka di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kamis (28/11) 2019 pukul 12.00 WIB di jalan veteran Kabanjahe.

Kegiatan ini dirangkai dengan diselingi  meyuguhkan  tari tarian Karo untuk mengisi acara sebelum puncak acara dilangsungkan.

Di satu sisi saat Bupati Karo Terkelin Brahmana SH memberikan kata sambutan mengemukakan “sangat  mengapresiasi yang luar biasa atas Peluncuran Buku Biografi alm. Nerus Ginting yang dimotori  oleh Kadis Pora  Karo Robert Billy Perangin-angin dengan  berkolaborasi bersama putri Almarhum, "sebutnya.

Bupati berpesan khusus kepada generasi milenial dikab.Karo “agar terus memupuk semangat memajukan masyarakat.
Pesan tersebut disampaikan Terkelin Brahmana untuk mencintai sejarah dan jangan pernah  melupakan sejarah, bagi kaum  para perintis kemerdekaan yang sudah berjuang membela Negara dan Bangsa pada era  zamannya,"jelas Bupati.

Lanjutnya, dirinya mengharapkan hasil cetak Buku ini sebagian disumbangkan  ke Perpustakaan Pemkab Karo, agar  para milenial pelajar dapat membaca dan mengetahui sejarah masa zamannya ada seorang tokoh berasal dari  Putra Karo ikut bagian dalam memperebutkan kemerdekaan RI," sambung Terkelin.
Usai dalam peluncuran Buku Biografi ini, dirinya meminta lapisan seganap masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya “mari bergandengan tangan, kita usulkan almarhum  Nerus Ginting sebagai Pahlawan Nasional,” tutupnya.

Disisi lain Kadispora Robert Billy Perangin-angin selaku penulis Biografi Nerus Ginting menceritakan hasil tulisan yang telah tercetak dalam buku menerangkan bahwa pada zaman penjajahan Jepang dan Belanda banyak orang-orang dibuang ke Boven Digul, sehingga untuk mengisi kemerdekaan ini, Nerus Ginting menyampaikannya pesan kepada masyarakat Karo yang dituliskan dalam bahasa Karo, “Ula Pagi kemerdekaan enda bagi taruk nitempi, ula pagi kemerdekaan enda bagi si ngacip tubis”, tulisnya.
Singkat cerita, Pada Tahun 1959, almarhum Nerus Ginting  oleh pemerintah menerbitkan  Surat Keputusan Presiden melalui surat Menteri Sosial RI Nomor. Pol 79/PK, Tanggal 14 maret 1959 ditetapkan menjadi tokoh  Perintis Kemerdekaan RI, "sebut Robert.

Hal senada dikatakan keluarga almarhum Nerus Ginting  yakni Anna Br Ginting SH dan Dra Ingansip Br Ginting mengatakan kisah Biografi terbitnya buku pejuang tokoh  Karo tak lain adalah ayahnya sendiri atas berkat kerjasama dengan pak Robert Perangin-angin dalam merangkul cerita masa zamannya, "ucapnya.

Untuk kami atas keluarga  almarhum Nerus Ginting mengucapkan, segala pihak telah hadir dan meluangkan waktu secara ikhlas mengikuti kegiatan peluncuran buku biogerafi  ayah kami tercinta ini dengan lancar dan sukses, "pungkasnya. (David)

statusrakyat.com