29 Desa Terkena Dampak Erupsi Gunung Sinabung Mendapat Bantuan Traktor Roda Empat Dari Pemkab Karo -->
Cari Berita

Advertisement

29 Desa Terkena Dampak Erupsi Gunung Sinabung Mendapat Bantuan Traktor Roda Empat Dari Pemkab Karo

13 Januari 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo, Terkelin Berahmana menyerahkan bantuan kenderaan traktor roda empat untuk warga terdampak erupsi gunung Sinabung di halaman Kantor Bupati Karo  Senin (13/01) 2020,sekira pukul 10.00 WIB, namun sebelum penyerahan secara simbolis keperwakilan penerima bantuan tersebut terlebih dahulu diadakan pertemuan di aula kantor Bupati Jln Jamin Ginting Kabanjahe.

Bupati Karo, Terkelin Berahmana dalam arahannya menyampaikan serah terima traktor roda empat merek ISEKI NT-548 F merupakan bentuk kepedulian negara kepada masyarakat yang terdampak erupsi gunung Sinabung.

Dikatakan Terkelin lagi, walaupun dengan dampak minimal dan radius yang cukup jauh dan menunjukkan bahwa negara hadir dalam setiap kondisi. Dalam hal ini kondisi pemulihan ekonomi pasca bencana erupsi gunung Sinabung.Seperti kita ketahui penanganan pasca bencana erupsi gunung Sinabung berupa rehabilitasi dan rekonstruksi terbagi menjadi 5 sektor utama.  Yaitu sektor permukiman, sektor infrastruktur, sektor sosial, sektor ekonomi dan sektor lainnya," jelas Terkelin.

Menurut Terkelin kembali , untuk sektor ekonomi, Kabupaten Karo adalah kabupaten Agraris yang subur dan sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Tentu menggantungkan pertumbuhan ekonominya dari sektor pertanian. Pemerintah Kabupaten Karo memanfaatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi dari BNPB (Badan Nasional l  Penanggulangan Bencana) dalam bentuk pengadaan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat yang diserahkan kepada masyarakat.

" Saya harapkan alat mesin pertanian traktor roda empat yang diserahkan kepada 29 Desa terdampak erupsi gunung Sinabung dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menurunkan ongkos produksi yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani secara mikro dan berdampak pada ekonomi Kabupaten Karo secara makro ," harap Bupati.
Adapun Desa penerima hibah (traktor) tersebut yakni : Kecamatan Payung 7 Desa , Kecamatan Naman Teran 8 Desa , Simpang Empat  3 Desa , Kecamatan Merdeka 2 Desa dan Kecamatan Tiga
 Nderket 9 Desa .

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Pimpinan OPD sejajaran Pemkab Karo.  Direktur Pemulihan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB. Camat Naman Teran, Camat Merdeka, Camat Simpang Empat, Camat Tiganderket dan Camat Payung serta 29 Kepala Desa Perwakilan masyarakat penerima manfaat. (Jona T /D'vd)