Wisata Baru di Kota Wisata Berastagi Hadirkan Kuliner Khas Asli Karo -->
Cari Berita

Advertisement

Wisata Baru di Kota Wisata Berastagi Hadirkan Kuliner Khas Asli Karo

27 Januari 2020

StatusRAKYAT.com,  Tanah Karo - Untuk menghibur dan menggairahkan para Wisatawan Karo, kali ini terbosan baru dilakukan oleh para penggiat Tiga Luah Berastagi bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo menggelar “Pasar Seni Tiga Luah”  sejak yang  Sabtu (25/01) 2020 kemarin hinga hari ini Minggu (26/01) 2020 di lokasi parkiran Taman Mejuah-Juah Berastagi tepatnya didepan kantor Dinas Budaya Dan Kepariwisataan Tanah Karo dimulai sejak pagi hingga malamnya.

Dimana dilokasi konten Wisata Baru kota ini, para wisatawan akan disambut iringan musik tradisional Karo yang diselingi tarian Gundala – Gundala persembahan Simpei Art & Culture. Di Tiga Luah ini anda bisa berbelanja Oleh Oleh barang barang buatan lokal dengan motif yang menarik dan memiliki nilai seni Kearifan Lokal Taneh Karo.

Bukan hanya oleh oleh hasta karya berkonten muatan lokal disini juga bisa didapati berbagai alat musik tradisional Karo , disamping itu para wisatawan juga bisa menikmati aneka panganan kue khas Karo diantaranya ada Cimpa Bengkuang Cimpa Matah, Cimpa Unung Unung , Cimpa Matah yang lezat serta satu lagi  “Tangas-Tangas” Ikan Mas yang mirip dengan masakan sejenis arsik namun tidak menggunakan santan akan tetapi diganti dengan kemiri  yang jelas semua penganan ini dijamin halal.

Pasar Seni Tiga Luah yang digelar setiap hari Sabtu dan Minggu ini bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat dengan ramuan obat – obatan tradisonal Karo dapat secara langsung melihat sekaligus untuk membeli tentunya. Ada minyak urut yang sudah terkenal seantreo Nusantara hingga mancanegara yakni "Minak Pengalun (Minyak Urut Khas Karo) dan aneka "Kuning" (Parem khas Karo) juga ada Sembur yang terbuat dari rempah-rempah untuk berbagai penyakit yang diderita khususnya pada anak anak usia dini.

Oleh – oleh yang bisa ditemui khususnya  bagi wisatwan yang ingin berpenampilan Trendy dan Modis ada nih stand booth Ornamenkaro yang menyajikan busana dengan ciri khas ornamen Karo yang  modenya tidak kalah dengan hasil  pasar desainer kondang dunia.

Kadis Pariwisata Karo, Munarta Ginting,SP. yang ditemui di lokasi Pasar Seni Tiga Luah, Sabtu (25/01)2020 pukul,17.00 WIB kemarin, menyebutkan, terobosan baru yang dilakukannya beserta para penggiat wisata, disamping dalam upaya menjaring lebih banyak lagi para wisatawan berkunjung ke Tanah Karo tentunya ingin memperkenalkan lebih luas lagi tentang kearifan lokal Karo kepada dunia luar.

“Disamping memperkenalkan konten kearifan lokal kepada para wisatawan, kita juga berharap event ini menjadi pemicu  dan pendorong bagi bangkitnya ekonomi kreatif dan para penggiat UKM khususnya di Tanah Karo Simalem sehingga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.”tutur Munarta yang baru hitungan minggu saja menjabat sebagai kadis Pariwisata dan Kebudayaan ini.

Terobosan baru yang dikemas para penggiat Tiga Luah Berastagi bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo yang diberi judul “Pasar Seni Tiga Luah”  yang mulai digelar Sabtu (25/01) 2020 kemarin, di lokasi parkiran Taman mejuah-juah Berastagi itu mendapat applaus dari berbagai kalangan masyarakat Berastagi maupun para wisatawan yang berkunjung.(D'vd)

statusrakyat.com