Antisipasi Kecelakaan Perairan, Sat Pol Air Polres Serdang Bedagai Cek Kelengkapan Keselamatan Berlayar Kapal Penumpang dan Kapal Ikan -->
Cari Berita

Advertisement

Antisipasi Kecelakaan Perairan, Sat Pol Air Polres Serdang Bedagai Cek Kelengkapan Keselamatan Berlayar Kapal Penumpang dan Kapal Ikan

05 Februari 2020

StatusRAKYAT.com, Sergai - Kasat Pol Air Polres Serdang Bedagai (Sergai) AKP. Chandra T Situmorang bersama personil mengantisipasi terjadinya Kecelakaan (Laka) perairan yang diakibatkan fenomena cuaca buruk di Wilayah Hukum Polda Sumatera Utara, Selasa 04 Februari 2020 sekira Pukul: 10.00 WIB s/d selesai.

Kegiatan ini dalam rangka menindak lanjut Surat Telegram Kapolda melalui Dir Pol airud Polda Sumut dengan Nomor :ST/108/l/OPS.4.5/2020. Menurunkan peserta kurang lebih 25 orang dan beberapa kapal di Kantor Syahbandar dan TPI Tanjung Beringin.

Kegiatan diawali, Kasat Pol Airud bersama personil berkoordinasi dengan Ka Syahbandar Tanjung Beringin, bapak Yori dalam hal melakukan pengawasan terhadap kapal kapal penumpang yang akan berlayar yang akan disesuaikan dengan daftar cek List keselamatan berlayar.

Kemudian personil Sat Pol Air Polres Sergai langsung melakukan pemeriksaan kapal penumpang dan kapal ikan sesuai daftar cek list kelengkapan kapal.

Melakukan pendataan terhadap pelabuhan dan rute berlayar kapal yang mana pusat transportasi masyarakat nelayan Serdang Bedagai.

Lalu melakukan penyuluhan dan himbauan kepada para pengusaha kapal maupun nahkoda kapal penyebrangan agar melengkapi alat keselamatan saat berlayar seperti life jaket dan life bouy sesuai aturan.

Dan menempelkan maklumat Kapolda di masing masing kapal dalam hal keselamatan saat berlayar.

Selanjutnya, Personil Sat Pol Air bersama syahbandar memberikan penyuluhan dan himbauan agar para nahkoda kapal memperhatikan dan melaksanakan sesuai maklumat Kapolda Sumut. Serta bagi kapal yang masih belum melengkapi alat keselamatan agar segera melengkapi dan meletakkan di tempat yang mudah di jangkau.

Satpol Air Polres Sergai juga mengingatkan kepada nelayan pada saat melaut agar mengecek mesin kapal dan kondisi kapal apakah sudah siap untuk melaut serta mengecek kesehatan kita sebelum berangkat melaut dan jangan paksaan jika kondisi kurang baik.

Kapolres Sergai AKBP R. Simatupang, SH, M.Hum melalui Kasat Pol Air AKP. Chandra T Situmorang kepada media ini mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman pengetahuan kepada masyarakat bahwa begitu pentingnya melengkapi alat keselamatan berlayar guna menjaga diri di saat cuaca buruk.

"Kita mengarahkan masyarakat agar lebih patuh dan taat dalam aturan saat berlayar seperti melengkapi dokumen kapal, membuat nama kapal serta melengkapi alat keselamatan,"ujarnya.

Selanjutnya, sebut AKP Chandra, pihaknya memberikan penekanan kepada pengusaha kapal dan nahkoda kapal penumpang agar tidak melebihi muatan kapal yang dapat membahayakan keselamatan saat berlayar. 

"Petugas dan masyarakat bersama sama menjalin hubungan yang baik dan komunikasi dalam menjaga situasi perairan khususnya Serdang Bedagai agar aman dan kondusif,"kata Kasatpol Air Polres Sergai.

Terakhir, ditegaskan Kasat, hasil giat ini dtemukan ada beberapa kapal yaitu kapal KM. Cempaka Jaya yang sudah melengkapi alat keselamatan kapal seperti life jaket dan life bouy dan ada juga beberapa kapal yang belum melengkapi alat keselamatan dikapalnya.

"Oleh karena itu, sehingga kami menyampaikan dan menekankan agar pemilik kapal segera melengkapi alat keselamatan tersebut,"tandasnya. (RH/red)