Dirut Trisno Menyambut Kedatangan Bupati Karo, Dirut Trisno Juga Sarankan Bentuk Tim Terkait Masalah PDAM Tirta Malem -->
Cari Berita

Advertisement

Dirut Trisno Menyambut Kedatangan Bupati Karo, Dirut Trisno Juga Sarankan Bentuk Tim Terkait Masalah PDAM Tirta Malem

27 Februari 2020



StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Asisten 2 Ekbang Dapat Kita Sinulingga, Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan, ST, staf Perekonomian kab. Karo Beri Depari dan salah satu Mantan Direktur PDAM Tirta Nciho Dairi Ir Rafael Ginting, MTl, temui  PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) melakukan konsultasi pemulihan pengelolaan PDAM Tirta Malem Selasa (25/02) 2020 pukul 11.30 WIB, Jl. Sisingamangaraja No.1, Ps. Baru, Kec. Medan Kota. 

Kedatangan Bupati Karo bersama rombongan langsung  , disambut hangat oleh Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri beserta anak buahnya, selanjutnya Dirut mengajak rombongan bersama stafnya menuju ruangan rapat yang telah dipersiapkan bagi tamu untuk konsultasi. 

Diawal pembicaraan Bupati Karo Terkelin Brahmana mengemukakan maksud kedatangan mereka ingin konsultasi cara memecahkan permasalahan  yang saat ini dialami  PDAM Tirta Malem Kab. Karo, berupa krisis air bersih bahkan untuk penyuplaian air bersih berhenti akibat sumber mata air tidak cukup memenuhi semua pelanggan,"ujarnya.

Cerita Terkelin,  anehnya sumber mata air di Karo banyak selain itu  ada tambahan mata air dari aek bolon, semua ini juga tidak cukup, sehingga permasalahan PDAM Tirta Malem terjadi menahun hingga sekarang tak kunjungan stabil, bahkan semakin parah dan collaps. 

Berbagai cara sudah kita tempuh, baik membentuk tim penyegaran penyehatan PDAM Tirta Malem telah dilakukan, hal ini juga tidak ada pengaruhnya, untuk itu kami minta PERPAMSI dan Tirtanadi dapat Bekerjasama dengan Pemda Karo menuntaskan akar permasalahan, jika perlu Tirtanadi dan PERPAMSI kami berikan perpanjangan tangan, bila aturan mengizinkan  untuk menilai  dalam rekrutmen personil dan adminitrasi pengelolaan PDAM Tirta Malem,"ungkap Terkelin.

Menurut hemat saya, Ini harapan kami datang, terlebih Kab Karo bagian dari pembangunan MEBIDANGRO (Medan, Binjai, Deliserdang, Karo ) dan KSPN (Kawasan strategis Parawisata Nasional), jika lebih dibutuhkan lagi bersama PERPAMSI ke Pak Gubsu, kita siap temui bersama,"tandasnya. 

Menyahuti cerita Bupati Karo Terkelin Brahmana, oleh DIRUT PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri sekaligus ketua PERPAMSI Medan angkat bicara bahwa dimana mana persoalan PDAM hampir semua mengalami hal yang serupa, namun ada rentan batas lamanya persoalan, nah dengan kehadiran pak Bupati ini, saya meyakini permasalahan pasti rumit, jarang ada kepala daerah datang konsultasi pada umumnya tidak peduli dan tidak ambil pusing,"ujarnya. 

Trisno apresiasi dan salut kedatangan Bupati Karo , Ia menambahkan jangan pernah  sungkan untuk  konsultasi demi perubahan, yang penting kita kerja,"tudingan miring pasti ada, kita juga rasakan di tubuh Tirtanadi, tapi Alhamdulillah semua dapat kami lalui,"kata Trisno. 

Kendati demikian, Trisno kemukakan ada strategi pertama yang harus dilakukan dulu antara PDAM Tirta Malem dengan PERPAMSI, yaitu kedua duanya membentuk Tim kecil, melalui surat penugasan, hunjuk dalam Tim ini, sesuai teknis dan bidangnya. Kelanjutan Tim PERPAMSI dan Tim dari pemda karo /PDAM Tirta Malem berkolaborasi, istilahnya sudah terbentuk kedua Tim dapat" tiktok, tiktok komunikasi, tujuan untuk mencari akar permasalahan, "jelasnya. 

Jurus ini akan mumpuni, dan menemukan akar pahit PDAM Tirta Malem, baik segi Personil , Administrasi dan Tarif, dari sini  kita evaluasi dan bisa kita putuskan  cara untuk membenahi, yang penting kita fokus dulu ke Inventarisir,"tegas Dirut Tirtanadi. 

Dikesempatan itu, Trisno sependapat jika tim sudah ada, sangat setuju untuk bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, agar Kab Karo juga masuk kepada Tim PDAM Mebidangro, semua ini untuk kebutuhan anggaran. 

Iya,iya kata Trisno menyampaikan  terkait usulan menemui Gubsu kemudian, tawaran Bupati Karo tersebut, direspon merupakan langkah yang tepat , kita jadualkan audensi ke pak Gubsu, kedepan,"beber Trisno Sumantri lagi. 

Pada kesempatan yang sama Asisten 2 Ekbang dan Dirut Jonara Tarigan, ST mengatakan akan segera menindaklanjuti membuat kajian dan  konsep surat tugas pembentukan Tim kecil sesuai saran PERPAMSI dan Tirtanadi, untuk diterbitkan oleh Bupati Karo, "ujarnya. 

Sementara Mantan Direktur PDAM Tirta Nciho Dairi Ir Rafael Ginting, MTl, berbagi pengalaman  mengatakan sepengetahuannya PDAM itu ibarat Kapal ada Nahkodanya, jikalau Nahkodanya tidak tahu arah dan tujuan maka Kapal tersebut karam," ujarnya menanggapi. 

Menurut  hemat Dia penyakit di tubuh PDAM Tirta Malem sudah lama terjadi, dan sekarang semakin parah dan kambuh, apabila ini Pemda Karo bisa selesaikan, maka menjadi catatan sejarah, "pungkasnya. 

(Jona T DvD)

statusrakyat.com