Pemkab Karo Apresiasi Bank Sumut Atas Kucurkan CSR Untuk Membangun Tugu Batu Sinabung -->
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Karo Apresiasi Bank Sumut Atas Kucurkan CSR Untuk Membangun Tugu Batu Sinabung

27 Februari 2020



StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Pemerintah Daerah Kab . Karo sungguh  mengapresiasi gagasan PWI Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat untuk membuat “Batu Sinabung” di taman jalan depan Mesjid Agung Kabanjahe. Hal ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH  saat membahas pembangunan Tugu Batu Sinabung, bersama OPD terkait, Rabu (26/02) 2020 pukul 13.30 WIB dirumah Maspon Kabanjahe. 

Ide Tugu "Batu Sinabung " sudah pembicaraan dikalangan masyarakat Karo, hal ini PWI Karo sudah memperkenalkan melalui Ekspose media, dan beragam tanggapan mendukung, bahwa Batu erupsi Gunung Api Sinabung memang nampak seperti bongkahan batuan vulkanik biasa, namun “peninggalan” vulkanik itu ketika diletakkan di lokasi strategis dan tempatnya ditata akan menjadi pengingat bagaimana sejarah bencana erupsi Sinabung, "ujar Terkelin. 

Tindaklanjuti Finalisasi desain ini (Batu Sinabung), lanjut Bupati Karo, agar secepatnya dapat dibangun menggunakan dana Corporate Social and Responsibility (CSR) Bank Sumut, sebagai Bank Pemerintah Daerah. 

Penggunaan anggaran CSR tersebut , kita maksimalkan se-efektif dan se-efesien mungkin. “Untuk itu, Dinas PUPR Kabupaten Karo, selaku tekhnis agar merampungkan desain ini secara detail, sesuai masukan saran  konstruktif ,maupun pemikiran yang sifatnya menggambarkan nilai-nilai filosofis Gunung Api Sinabung maupun kearifan lokal budaya  masyarakat Karo,” kata Bupati.

Historis tersirat dari taman “Batu Sinabung” nantinya, sebagai pengingat dan edukasi bagi generasi milineal  serta juga masyarakat umum, tidak melupakan bencana Sinabung. Lokasi Batu Sinabung, harus ditata, dengan bunga-bungaan dan lampu sorot malam hari maupun air mancur sesuai disain pembangunan Batu Sinabung yang sudah disiapkan Dinas PUPR," ucapnya.

Terkelin Brahmana menambahkan, diharapkan awal April nantinya pembangunan ini sudah siap dikerjakan,peresmian  akan direncanakan mengundang  bapak Gubsu Edi Rahmayadi dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari dan dihadiri Ketua PWI Sumatera Utara H Hermansyah, "sambungnya. 

Sementara mewakili Pengurus dan Ketua PWI Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Justianus Purba, Wakil Ketua Robert Tarigan mengucapkan terimakasih atas kepada Bupati Karo, Terkelin Brahmana yang langsung merespon ide dan gagasan PWI membuat taman “Batu Sinabung”di kota Kabanjahe,"imbuhnya.

Sejatinya, wartawan itu di tuntut lebih kreatif dan  berinovasi, dengan mampu menyajikan konten berita beraktual. “Fungsi pers sebagai kontrol sosial dalam kebijakan pemerintah, lembaga ekonomi dan media informasi serta hiburan, tapi disisi lain tidak kalah penting ikut berkontribusi menyumbang ide dan gagasan yang positif dan produktif,” ucapnya. 

Hadir membahas Tugu Batu Sinabung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM, Ir Adison Sebayang, MMA, Perwakilan Bank Sumut Cabang Kabanjahe, dan Robert Tarigan, SH mewakili Pengurus PWI. 

(Jona T DvD)