Uskup Agung MGR. Kornelius Sipayung OFMCap Tahbiskan 5 Imam Baru, Bupati Karo : Jadilah Imam Yang Bahagia -->
Cari Berita

Advertisement

Uskup Agung MGR. Kornelius Sipayung OFMCap Tahbiskan 5 Imam Baru, Bupati Karo : Jadilah Imam Yang Bahagia

01 Februari 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Ribuan umat Khatolik ikuti perayaan Ekaristi penerimaan Sakramen Imamat, sebagai umat beriman mengenangkan Misteri Penyelamatan Allah dalam Yesus Kristus, dan sekaligus melaksanakan amanat Yesus, “Lakukanlah ini sebagai kenangan akan aku.”

Dalam perayaan Ekaristi, kita bukan hanya sekedar mengenang apa yang dibuat oleh Yesus. Lebih dari itu, bersama Yesus kita melaksanakan Karya penyelamatan Allah. Sebab Yesus sendirilah yang hadir dan memimpin perayaan Ekaristi dalam diri Imam. Maka dalam perayaan Ekaristi ini , jadilah imam menjadi  Gembala yang baik untuk domba dombanya. Demikian disampaikan uskup Agung Medan MGR. Kornelius Sipayung OFMCap, saat memimpin  prosesi , Sabtu (01/02)2020 pukul 09.00 WIB di gereja Paroki St Fransiskus Berastagi.

Uskup Agung Kornelius menyebut bagi Imam baru sebanyak 5 orang yang akan saya tahbisken sebentar lagi, agar nanti setiap pelayanan jangan seperti biasa biasa saja, namun lebih prima lagi. Supaya dalam diri Imam yang baru harus pelayanan lebih "Gila" agar mendukung pelayanan Tuhan, jangan salah artikan kata" Gila" menurut uskup huruf G arti Gesit, huruf i (Inovatif) huruf l (loyal) dan huruf A (aspiratif),"jelas Uskup Agung Kornelius disambut tawa dan aplaus para peserta yang hadir.

Selesai memberikan bimbingan rohani, selanjutnya Uskup Agung Medan MGR  Kornelius Sipayung OFMCap, mentahbiskan 5  orang imam baru, yaitu Valent Christian Sihotang OFMCap, dari Paroki St Lusia Parlilitan, Pater Everis Pinto Sihombing OFMCap dari Paroki St Mikhael Pangururan,Tuppal Vandenhoven Sipayung, OFMCap dari Paroki St Fransiskus Saribudolok, Masro Situmorang OFMCap dari Paroki St. Yohanes Pembatas Pakkat, Hendrik Lumbanraja, OFMCap dari Paroki Siantar.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kelima Imam baru dan menegaskan orang kaya itu banyak , orang pintar juga banyak , tetapi orang bahagia Itu tidak begitu banyak, maka pesan saya jadilah Imam yang bahagia , menjadi unggul,"ucapnya.

Lanjut dikatakan Terkelin, lewat pelayanan gereja ,yang setia dan rendah hati serta dengan kekudusan , maka harapan saya semoga Tuhan selalu memberikan petunjuk dan selalu menyertai kita dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kita masing -masing, Dengan kata lain: Yesuslah yang bersabda dan berkarya dalam perayaan Ekaristi ini,"terangnya.

Minimal ada membawa perubahan, penyegaran dan kegembiraan dalam persaudaraan , spiritualitas persaudaraan ini sangat penting dihayati oleh para Imam , karena ini merupakan kunci seorang Imam dalam melaksanakan fungsi luhurnya sebagai pewarta kasih bagi dunia kehadiran Imam-Imam tentu memperteguh kehidupan,"kata Bupati.

Dipenghujung acara  dirayakan pemotongan kue bagi Uskup Agung Medan MGR Kornelius Sipayung OFMCap, sebagai memperingati setahun sudah menjabat Uskup Agung Mulia.

Dalam Perayaan Ekaristi Sakramen Imamat turut hadir  RP. Selestinus Manalu OKPM(minister provinsial OKPM)
RP. Liberius  Sihombing OFMCap (pastor paroki ST. Bapak Tangsi Barus , S.PD (ketua panitia tahbisan ), Ketua Umum panitia tahbisan Imam Kapusin Brigjen Pol drs Ricky Wakanno Ginting, Sekum GBKP Pdt Rehpelita Ginting, Dr, Badikenita Sitepu anggota DPD RI, anggota DPRD provsu Salmon Sagala, SE, anggota DPRD Karo Pujiati br Ginting, Parlindungan Purba (Tokoh Khatolik Sumut ) Asisten 1 Pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Kadis Perikanan Sarjana Purba, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kabag Kesra Dekeng Surbakti , Kabid Promosi Parawisata Bartholemeus Barus.

(Jona T /D'vd)

statusrakyat.com