Alumni AKABRI 96 Bhakti Sosial Untuk Indonesia Peduli Covid 19
Cari Berita

Advertisement

Alumni AKABRI 96 Bhakti Sosial Untuk Indonesia Peduli Covid 19

31 May 2020

StatusRAKYAT.com, Medan - Pemerintah telah mempersiapkan Indonesia memasuki fase kenormalan baru (New Normal) ditengah pandemi Covid 19 yang masih melanda. Namun demikian pemerintah juga yang saat ini dibawah kepemimpinan bapak Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan bahwa Indonesia harus tetap produktif, bangkit dan peduli serta bermanfaat guna bergotong royong untuk mau saling bahu membahu dalam membantu sesama kita sodara sebangsa setanah air yang terkena dampak pandemi tetapi juga aman dari wabah penyakit infeksi pernafasan Covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Untuk itu disaat pemerintah mempersiapkan fase New Normal ditengah Pandemi Covid 19 ini, guna mendukung pemerintah Keluarga Besar Alumni AKABRI (AD, AAL, AAU, dan AKPOL) angkatan 96 Bharata Sena sesuai prosedur protokol kesehatan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk beraksi dengan menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berupa pembagian sembako kepada masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi covid 19.

Adapun sebanyak 2000 paket sembako berupa beras, telur ayam, minyak goreng, dan mie instan telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan serta bagi yang layak mendapatkan bantuan tersebut. Bertempat di Lapangan Merdeka Medan Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (30/5/2020).

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK selaku bagian dari Keluarga Besar Alumni 96 Bharata Sena membenarkan adanya kegiatan baksos tersebut telah diselenggarakan. Dengan mengatakan "ya, kegiatan tersebut lebih mengarah kepada kegiatan sosial dan wujud nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan", cetus Kombes Pol Tatan yang juga selaku orang nomor satu di jajaran Bidang Humas Polda Sumut tersebut.

Di masa menghadapi pandemi covid-19 ini banyak hal yang berdampak kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Khususnya di dalam sendi perekonomian masyarakat itu sendiri. "Oleh karnanya kami AKABRI 96 Bharata Sena (Akabri Angkatan 96 : TNI AD, TNI AL, TNI AU & Polri), secara serentak di seluruh Indonesia sepakat untuk dapat mengurangi beban bagi masyarakat sekitar kita", kata Tatan.

Ada 2000 paket sembako hari ini yang kita salurkan kepada masyarakat. Masyarakat yang kita undang tadi merupakan perwakilan-perwakilan dari komunitas dan alhamdullilah acara kegiatan baksos peduli Covid 19 telah berjalan dengan lancar seturut kehendak Yang Maha Kuasa Tuhan Yang Maha Esa, paparnya.

Tatan menjelaskan Aksi Bakti Sosial AKABRI 96 ini dilaksanakan, juga seiringan dengan mengikuti arahan kegiatan Presiden Republik Indonesia bapak Ir Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, beserta Kapolri Jenderal Pol Idham Azis soal kewajiban membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. "Menindaklanjuti imbauan Presiden, Panglima TNI, dan Kapolri untuk saling berbagi kepada masyarakat yang terdampak Covid 19, tutur Tatan.

Kita berharap dan selalu berdo’a agar kiranya kita semua dimampukan dalam menghadapi cobaan ini dan bisa keluar dari situasi yang saat ini masih melanda Indonesia bahkan dunia, imbuhnya.

Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK juga berpesan kepada masyarakat agar tetap bersemangat, disiplin, tidak sepele dan tetap senantiasa menjaga kebugaran tubuh untuk menerapkan pola hidup sehat tentunya, harap Kombes Pol Tatan.

Disamping itu dari sumber yang telah didapat, Kombes Pol Andry Setiawan selaku Kabidkum Polda Sumut yang juga merupakan bagian dari Alumni AKABRI 96 Bharata Sena mengatakan bahwa, "kegiatan bakti sosial ini juga merupakan bentuk kepedulian Bharata Sena Alumni 96 untuk menyisihkan sedikit rezeki guna membantu para warga kurang mampu akibat terkena dampak pandemi Covid 19".

Andry juga mengatakan bahwa pandemi covid 19 sangat berdampak langsung pada sektor ekonomi. Bahkan tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Oleh sebab itu saya bersama rekan juang lainnya tergerak membantu warga kurang mampu tersebut. Semoga bantuan yang telah diberikan dapat membantu dan berguna serta bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan akibat kesulitan ditengah pandemi Covid 19 ini. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak (physical distancing) dan selalu pakai masker serta rajin mencuci tangan pakai sabun guna mencegah penularan wabah virus Corona Covid 19, tandas Andry.

Turut serta hadir dalam kegiatan bakti sosial tersebut, mewakili dari Polri Kabid Humas Polda Sumut ada Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana, Dir Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Robert Dacosta, Wadansat Brimob Polda Sumut AKBP Ferry R Ukoli, Dirpol Airud  Polda Sumut Kombes Pol Roy Sihombing.

Kemudian hadir dari perwakilan TNI, ada Kodam I/BB angkatan 96, Kahubdam, Kajasdam, Kolonel PS Manik, LO AL Kodam I/BB, beserta Aslog Lantamal I/Blw, dan Asops Kosekhanudnas juga ikut serta dalam melaksanakan giat tersebut.(Red)

statusrakyat.com