Penyerahan Dokumen Berkas Dukungan Perseorangan Awali Rangkaian Verifikasi Faktual Tingkat PPS Kelurahan dan Desa -->
Cari Berita

Advertisement

Penyerahan Dokumen Berkas Dukungan Perseorangan Awali Rangkaian Verifikasi Faktual Tingkat PPS Kelurahan dan Desa

25 Juni 2020

StatusRAKYAT.com, Kepulauan Selayar -
Penyerahan dokumen dukungan bakal calon perseorangan dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan kepada sebelas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan tim divisi tekhnis, hari Rabu, (22/06) malam, bertempat, di rumah pintar pemilu (RPP) KPU Kepulauan Selayar, di ruas Jln. Jend. Achmad Yani, Benteng.

Mengawali rangkaian acara prosesi penyerahan berkas dokumen dukungan bakal calon perseorangan Ketua KPU Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, atas kehadiran seluruh tamu yang berkenan menghadiri undangan, penyerahan berkas dokumen dukungan bakal calon perseorangan di tengah kesibukan aktivitas dan rasa penat setelah seharian beraktivitas.
Lanjut, Nandar Jamaluddin mengutarakan “kegiatan penyerahan dokumen, berkas dukungan bakal calon perseorangan, didasarkan pada ketentuan, PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal pilkada".

“Penyerahan berkas dokumen, dukungan bakal calon perseorangan merupakan langkah awal pelaksanaan verifikasi faktual oleh petugas PPS kelurahan dan desa untuk memastikan  secara  konstitusional,  dukungan rill warga masyarakat tertentu dan atau warga Selayar yang memenuhi kriteria hak pilih, terhadap bakal calon perseorangan yang sebelumnya, telah melakukan penyerahan berkas dokumen dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, sebagai lembaga tekhnis penyelenggara pemilu di daerah”. 
“Meski sudah menjadi tradisi biasa, dalam struktur kelembagaan KPU, saat dihadapkan, pada kehadiran bakal calon perseorangan. Akan tetapi, situasi dan suasana penyelenggaraan pilkada kali ini, diakui terbilang langka, terutama dalam hal, pelaksanaan tahapan yang dilakukan mulai dari tingkat KPU dan jajarannya, urainya dihadapan, tim Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang masing-masing, dihadiri oleh Wakapolres Selayar, Komisaris Polisi Abdul Rahman, Kasie Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Selayar, Triyo Jatmiko, SH., MH.

Selain dihadiri oleh tim Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), prosesi penyerahan berkas dukungan bakal calon perseorangan, turut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu yang diwakili oleh Abdul Kadir, ST, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil), Drs. Andi Patonrangi Pasbal, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol), Drs. Taufiq Nurharas, lo pasangan calon Zainuddin-Aji Sumarno (zas) dan sebelas ppk bersama segenap tim divisi tekhnis dari masing-masing kecamatan. (Andi Fadly Dg. Biritta)

statusrakyat.com