Sosialisasi Virus Corona di Pusat Pasar Berastagi, Kepala Puskesmas Berastagi Ingatkan Pengunjung dan Pedagang Gejala Covid - 19 -->
Cari Berita

Advertisement

Sosialisasi Virus Corona di Pusat Pasar Berastagi, Kepala Puskesmas Berastagi Ingatkan Pengunjung dan Pedagang Gejala Covid - 19

15 Juli 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Sesuai instruksi Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Karo. Dinas Kesehatan Kabupaten Karo dalam hal ini Puskesmas Berastagi Kecamatan Berastagi menggelar sosialisasi virus corona terhadap Pembeli dan Pedagang di Pusat Pasar Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Provinsi Sumatra Utara  Rabu (15/07) 2020.

Kepala Puskesmas (Kapus) Berastagi dr Rahmenda Sembiring MKM menyampaikan penjelasan kepada warga bahwa, "virus Corona yang sedang booming saat ini nama penyakitnya adalah Covid-19. Penyebabnya adalah Corona virus," kata Kepala Puskesmas tersebut.

Kembali di terangkan  Kapus kepada pengunjung dan pedagang bahwa sejumlah gejala penyakit dari orang yang terjangkit virus Corona yakni Flu, Batuk , Demam Tinggi , Sesak Napas yang muncul setelah kontak langsung dengan orang positif terjangkit Corona. Jadi kalau bapak, ibu mengalami keluhan tersebut bisa langsung periksa ke layanan kesehatan terdekat. Bisa ke Puskesmas atau Klinik," ujarnya.

Pengunjung dan pedagang di Pusat Pasar diimbau tak panik terjangkit virus Corona karena dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat diantaranya dengan mencuci tangan sesuai standar medis, khususnya setelah beraktivitas di tempat umum guna mencegah penularan penyakit.

Salah satu pengunjung Pusat Pasar Berastagi, R Br Tarigan (42) ketika disambangi wartawan setelah mendengar arahan dari Petugas Puskesmas Berastagi terkait Covid - 19 menjelaskan " apa yang di katakan Dokter tadi sangatlah tepat. Kadang - kadang kita masyarakat inilah yang bandel, sudah jelas jelas ada instruksi dari petugas di gerbang sana," katanya.

Terangnya lagi, "jika mau masuk ke Pusat Pasar Berastagi ini wajib pakai masker bilangnya, itu pun kita masih membandel. Jadi kalau apa yang di sampaikan petugas puskesmas tadi sangatlah benar sekali, jadi kita pun sebagai masyarakat , tolonglah kita dengarkan apa kata pemerintah kita. Nanti kalau ada yang positif tiba tiba, ketakutannya kita semua. Jadi kalau kita melakukan aktifitas di luar rumah, kita pakailah masker kita, "ucap R Br Tarigan. (D'vd)

statusrakyat.com