Bupati Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam -->
Cari Berita

Advertisement

Bupati Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

11 November 2020


StatusRAKYAT.com
, Tanah Karo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo  menggelar Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam (11/11) 2020 pukul 09.00 WIB di halaman kantor Bupati Kabanjahe dalam rangka memasuki pergantian musim kemarau ke musim hujan, sehingga dibutuhkan segala pihak yang terlibat  untuk siap - siap mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana alam yang akan terjadi di wilayah Kab. Karo. 

Hal ini dilakukan pengecekan oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, usai acara gelar kesiapsiagaan didampingi oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kasdim 0205 /Tanah Karo Mayor Inf Daulat Marpaung, Ketua PMI kab. Karo Fas beru Pelawi, Plt BPBD Kab. Karo Natanael perangin Angin, dan para OPD Kab.Karo, saat meninjau kesiapan personil dan alat kelengkapan sarana dan prasarana. 

Menurut Terkelin, "sinergitas berbagai elemen  sungguh  kita perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi akan bencana yang ditimbulkan.Karena Kabupaten Karo  termasuk dalam daerah yang berpotensi mengalami  longsor, dan erupsi Gunung Sinabung ditambah cuaca ekstrem dan kekeringan,"ucapnya. 

Sambungnya "Apel kesiapsiagaan tersebut merupakan bentuk respon pemerintah dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu. Hal ini penting dilakukan, karena potensi terjadinya bencana perlu mendapatkan perhatian bersama. Dengan langkah persiapan yang matang Pemkab dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat sehingga dampak bencana yang ditimbulkan juga tidak semakin besar," ucapnya. 

"Karena itu unsur yang terlibat dari  berbagai unsur didalamnya, yakni BPBD dan perangkat daerah terkait, TNI, Polri, elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan. Karena itu faktor sinergitas ini menjadi kunci yang sangat penting," jelas Terkelin. 



Terkelin juga mengintruksikan agar para , "Kepala Desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat kepada tim kesiapsiagaan yang telah kita gelar ini, "terang Terkelin Berahmana. 

Sementara, Pelaksana Tugas BPBD Natanail Perangin - Angin, menambahkan "Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam ini sebagai bentuk  mengetahui kesiapan Kab. Karo dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam baik dari kesiapan personil, kesiapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya" katanya.

"Terlebih Kab.Karo saat terjadi musim iklim ekstrim, sering terjadi tanah longsor, tumbang kayu, hujan Es di Tigapanah  inilah faktor Kab. Karo perlu kesiapsiagaan, sehingga antisipasi ini personil dicek dan disiagakan sewaktu waktu ada bencana semua tim yang terlibat akan siap dalam 24 jam, "tambahnya lagi.

Sedangkan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, mengatakan "Dalam Apel kesiapsiagaan ini, pihaknya Polri /TNI secara sinergitas komitmen mendukung  penuh kegiatan Apel penanggulangan bencana sehingga ada bencana personil gerak cepat dan gerak mengatasi,"ucap Kapolres. 

(Jona T/DvD)