Bupati Toba Darwin Siagian Tetapkan RSUD Porsea Menjadi BLU Bertahap -->
Cari Berita

Advertisement


ads

Bupati Toba Darwin Siagian Tetapkan RSUD Porsea Menjadi BLU Bertahap

17 Februari 2021
350


StatusRAKYAT.com, Toba
- Bupati Toba Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Hulman Sitorus, Assisten Pemerintahan Harapan Napitupulu Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak,  dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah lainnya  menetapan pengelolaan keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea menjadi Badan Layanan Umum (BLU)  Bertahap.

Penetapan  RSUD Porsea  Menjadi BLUD ditandai dengan penandatanganan  dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Porsea,  di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea , Selasa 16/2/2021.

Bupati Toba Darwin Siagian dalam sambutannya  mengharapkan dengan perubahan ini, pelayanan di RSUD Porsea akan semakin baik dan  meningkat naik mutu dan pelayanan terhadap pasien.
"Kerjakan dengan hati,  dari segi sarana dan prasarana sudah tersedia. Oleh karenanya harus terus berbenah sehingga masyarakat merasakan mamfaatnya" sebut Bupati Darwin Siagian.


Sementara Wakil Bupati Hulman Sitorus  dalam sambutannya meminta pengelolaan   BLU RSUD Porsea  harus lebih terbuka dan akuntabel ."Dengan BLU ini pelayanan terhadap masyarakyat semakin meningkat dan pengelolaan Rumah Sakit lebih terbuka dan akuntabel. Pastikan akan terjadi peningkatan kinerja Rumah Sakit Porsea seiring dengan itu akan terjadi peningkatan pendapatan pengelola dan tenaga medis" kata Wabub Hulman Sitorus.

Kabag Ortala Sekdakab Toba  Sarman Marbun dalam paparannya mengatakan  sesuai dengan hasil penilaian tim yang diketuai Sekdakab Toba, dengan anggota Inspektorat Toba  , Dinas Kesehatan Toba , Dinas Lingkungan Hidup,l Toba,  Bagian Hukum Sekdakab Toba, Bagian Organisasi Sekdakab Toba  telah melakukan tahapan tahapan sesuai dengan persyaratan peraturan mulai dari   permohonan dan penilaian. " Hasil penilaian tim dengan skor 84 tapi dengan kondisi keuangan dan pendapatan tim masih memberikan rekomendasi BLUD bertahap, mudah mudahan kinerja semakin meningkat dan menjadi BLUD Penuh," kata Sarman Marbun.

Ditambahkannya penetapan  pengelolaan keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea menjadi Badan Layanan Umum (BLU)  Bertahap untuk meningkatkan mutu pelayanan minimal dan target pelayanan yang lebih efisien dan efektif serta dapat dipertanggungjawabkan.

Direktur RSUD Porsea dr Tommy Siahaan  menyebutkan dengan penerapan BLUD ada pelayanan - pelayanan baru di rumah sakit ini dengan pelayanan yang semakin prima, kesejahteraan pegawai juga meninggkat. "Mudah-mudahan pelayanan, mutu  semakin meningkat sekaligus kesejahteraan pegawai/nakes RSUD Porsea juga menigkat," ungkap dia.(JMP)

statusrakyat.com