Pencanangan Vaksinasi Covid - 19 Tahun 2021 Dibuka Bupati Karo -->
Cari Berita

Advertisement

Pencanangan Vaksinasi Covid - 19 Tahun 2021 Dibuka Bupati Karo

04 Februari 2021


StatusRAKYAT.com, Tanah Karo
- Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH meminta petugas medis dan masyarakat  memanfaatkan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat Covid-19 yang sudah dimiliki oleh RSUD Kabanjahe. Hal ini disampaikan Bupati saat membuka pencanangan Vaksinasi Covid-19, Kamis (04/02) 2021 pukul 09.00 WIB di Pendopo rumah dinas Bupat, jalan Veteran Kabanjahe.

Dalam sambutannya, Terkelin Brahmana mengingatkan petugas medis jajaran dinas kesehatan dan RSUD Kabanjahe, agar selalu merawat mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat Covid-19. 

Hal ini patut kita bersyukur atas kemampuan daerah kita telah mengadakan mobil PCR tersebut. Tentu dengan adanya kendaraan cepat ini sangat membantu dalam pemeriksaan swab jemput bola yang akan dirasakan masyarakat. Ujarnya 

Untuk itu, mari rawat mobil PCR agar tidak lekas rusak dan usang, manfaatkan mobil PCR dengan sebaik baiknya. Layani masyarakat dan sebaliknya masyarakat juga berhak memanggil petugas mobil PCR untuk dikeperluan swab. Ungkapnya 

Keberadaan itu sangat kitaapresiasi, dimana sebelum mobil PCR ada, dan dibandingkan setahun yang lalu, kita merasakan sangat sulit mendapatkan hasil cepat Swab . Sebab sampel swab dikirim ke medan, dan kita tahu hasilnya baru keluar setelah tiga minggu. Terang Terkelin 

Jelas Terkelin kembali,"dengan adanya mobil PCR sangat membantu dalam segi waktu dan biaya, semua menjadi singkat dan cepat,cukup hanya menunggu 2-3 jam hasil dapat kita ketahui.Apresiasi pantas kita berikan kepada petugas petugas medis tanah karo sebagai Pahlawan dalam melawan Covid-19 sebagai Garda terdepan," tegasnya.

Di kesempatan itu Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala,saat dimintai keteranganya," memaparkan dalam pencanangan Vaksinasi  Covid-19, semuanya sesuai aturan regulasi dan petunjuk dari WHO,"ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Irna, dalam pemasangan vaksinasi untuk mencegah dan pengendalian Covid-19, meningkatkan kekebalan individu dan kelompok, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 di Kab. Karo. Lingkup sasaran pertama dalam pencanangan Vaksinasi Covid-19 yang diharapkan akan menargetkan 1880 orang, dan selebihnya 1689 orang telah diversifikasi di SISDMK,"jelas Irna.

Turut hadir dalam acara ini, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Kajari Karo Denny ahmad, SH MH, wakil Ketua DPRD Karo Dapit Kristian Sitepu, Kabag Sumda Polres Tanah Karo Kompol SP Anak Ampun, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, Asisten 3 Mulianta Tarigan,Sekum GBKP Pdt Rehpelita Ginting, Ketua TP PKK Kab Karo. Ny Sariati Terkelin Brahmana. 

(D'vd/AJT)