Mubes DPP PMS Indonesia Ke IV Tahun 2021 Dihadiri Bupati Karo dan Bupati Deliserdang -->
Cari Berita

Advertisement

Mubes DPP PMS Indonesia Ke IV Tahun 2021 Dihadiri Bupati Karo dan Bupati Deliserdang

20 Maret 2021


StatusRAKYAT.com,Tanah Karo
- Bupati Deliserdang Ashari Tambunan bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH,MH secara bersama sama Pukul Gong dalam rangka membuka Musyawarah besar ke - IV DPP Pemuda Merga Silima Indonesia Tahun 2021, Jumat sore (19/03) 2021 di hotel The Hill Sibolangit. 

Acara ini dihadiri sesepuh PMS Junaidi  Bangun, ketua umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana, Kakesbangpol Linmas Tetap Ginting, Kadispora Kab Karo Robert Billy Peranginangin, Ketua DPP PMS Kab. Karo Beres Brahmana dan Ketua DPP PMS Kabupaten  Langkat, Riau, Pematang Siantar,  Deliserdang dan kota Medan. 

Dalam sambutannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sempat  mengatakan sebenarnya secara etika tidak layak dirinya duluan memberikan kata sambutan, sebab wilayah ini adalah Kabupaten Deliserdang, jadi  secara pemerintahan seharusnya Bupati Deliserdang. Tapi diberikan kesempatan ini merupakan penghargaan bagi saya. 

Dinamika budaya musyawarah inilah tercermin dalam Mubes PMS ke IV mengedepankan "Merga Silima, Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh , Perkaden Kaden Sepuluh Dua Tambah Sada," Filosofi ini sangat familiar dan dapat menerima dan diterima semua etnis suku, agama, ras bangsa sebagai saudara,"katanya. 

Lanjutnya lagi, "untuk itu, budayakan lah silaturahmi, sebab adasilaturahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, jika ada kekuatan apapun semua dapat dilakukan. Tapi bagaimana terjalin silaturahmi kalau bertemu pun tidak pernah,"jelasnya.

Dilain sisi, Terkelin menitip pesan agar setelah Mubes selesai, kiranya PMS dapat berperan sebagai garda terdepan mengawal  jalan Tembus Rumah Liang Kab. Deliserdang - Desa Barus Jahe Kab Karo,agar dapat terwujud. Wadah PMS ini bagian tidak terpisahkan dengan Kab. Karo dan Kab. Deliserdang,"urai Bupati ini. 

Sementara itu, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Karo dalam Mubes PMS ke IV ini, lanjutnya jangan pernah lupa, janganlah ragu bahwa Deliserdang merupakan bagian  kampung halaman etnis suku Karo.

Ashari juga mengingatkan agar ada beberapa hal titipan Bupati Karo kiranya menjadi perhatian serius PMS kedepannya sebagai  garda terdepan dalam  mengawal komitmen kami berskala ingin segera terealisasi pembukaan jalan Tembus Rumah Liang ke Desa Barus Jahe Kab. Karo.

Mudah mudahan Mubes IV ini dapat memilih kader dan mampu  menghasilkan keputusan yang membawa kepemimpinan pemuda Merga silima Indonesia yang baru  masa periode 2021-2026. Saya yakin semboyan Pemuda Merga Silima adalah Karo Bersatu, Karo Berbudaya, PMS, PMS cinta perdamaian, dan NKRI Harga Mati mampu membawa perubahan,"tegasnya.

Sedangkan, Ketua umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana mengatakan berterima kasih kepada Bupati Deliserdang dan Bupati Karo, dimana dua Bupati ini sangat berkomitmen mendukung kemajuan Mubes PMS tersebut. 

Menurut Mbelin Brahmana, PMS merupakan wadah Karo, jadi jaga-lah sikap dan perbuatan bagi seluruh kader PMS, karena organisasi PMS dianggap berbudaya, suku apapun dia, Bangsa apapun dia, kalau masuk ke PMS sangat kita hargai, karena nenek moyang leluhur suku Karo, mengajarkan berbudaya santun kearifan lokal dalam menerima adaptasi setiap yang masuk ke suku Karo.

Untuk itu, imbuh Mbelin Brahmana, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh kader PMS Indonesia dimanapun berada, sudah mendukung dan mempercayai saya selama 5 tahun dalam  memimpin PMS di masa periode 2016-2021. 

Mudah mudahan harapan saya, siapapun nanti yang terpilih menjalankan roda organisasi PMS Indonesia, tetaplah,"Karo Bersatu , Karo berbudaya, PMS cinta perdamaian dan NKRI Harga Mati," akhirnya.

Diakhir acara, para kader kepengurusan DPP PMS Indonesia dipandu oleh panitia memberikan plakat penghargaan telah usai melaksanakan tugas masa bakti 2016 - 2021 dan terkhusus bagi ketua Umum dan Sekretaris diberikan Penghormatan pemberian tanda pin emas, disematkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dan Bupati Deliserdang Ahari Tambunan. 

(D/kadembo)