Inilah Yang Dilakukan Sat Sabhara Agar Warga Tetap Patuhi Prokes -->
Cari Berita

stoppers

stoppers

Advertisement

Inilah Yang Dilakukan Sat Sabhara Agar Warga Tetap Patuhi Prokes

27 Mei 2021
350


StatusRAKYAT.com, Tana Toraja
– Dalam rangka tetap menjaga kepatuhan warga dalam menerapkan himbauan prokes, personil Sat Sabhara Polres Tana Toraja yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP. Gunarni Munda, SH, melakukan kegiatan Ops Yustisi yang dilaksanakan di Jl Tritura Kel. Kamali Pentalluan Kec. Makale, akses jalan yang menghubungkan Kec. Makale dengan Kec. Rembon, Kamis (26/05/2021).

Dengan melibatkan 5 personil, Ops Yustisi dilaksanakan dalam 3 bentuk kegiatan meliputi, Razia Kepatuhan penggunaan masker bagi pengguna kendaraan, pembagian masker medis dan hand sanitizer, dan pembatasan mobilisasi banyak orang kesuatu tempat dengan menggunakan truk.

Informasi yang di peroleh dari AKP. Gunarni Munda, bahwa dari Razia yang dilaksanakan, terjaring 33 pengguna kendaraan yang melalaikan penggunaan masker, dan sejumlah kendaraan truk yang memuat banyak orang di berhentikan, dan pemberikan Tindakan hukuman terukur terhadap pelanggar prokes.
Kasat Sabhara AKP. Gunarni Munda, SH yang di konfirmasi mengatakan bahwa kegiatan Ops Yustisi yang dilaksanakan ini merupakan upaya mencegah timbulnya kecendrungan warga melalaikan penerapan Prokes, khususnya penggunaan masker.

“ Iya, meskipun di Tana Toraja dalam posisi zona kuning penyebaran covid -19, namun itu tidak berarti juga kami mengendorkan kegiatan Ops Yustisi, kami tetap konsisten melakukan pengawasan dan pencegahan timbulnya kelengahan warga dalam menerapkan prokes, sebagaimana yang telah di amanahkan oleh pimpinan Polri yang di jabarkan oleh Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, kepada jajaran Sat Sabhara untuk dilaksanakan “. kata Gunarni Munda.

Lebih lanjut Gunarni Munda katakan, “ Hari ini kamis (26/05/2021) kami lakukan  kegiatan pengawasan dan pencegahan kelengahan warga  melalui Ops Yustisi Razia kepatuhan penerapan prokes di Jl Tritura Kel. Kamali Pentalluan Kec. Makale, dengan sasaran pengguna kendaraan, pejalan kaki, dan warga sekitar, hasilnya sebanyak 33 teguran lisan kami keluarkan, dan membagikan 100 lembar masker medis, serta 25 buah hand sanitizer, “. Sebut Gunarni.

Kegiatan Ops Yustisi yang dilaksanakan ini menurut Gunarni munda juga disertai dengan langkah penindakan terukur kepada pelanggar prokes.

“ Kami berikan Tindakan terukur berupa push 5 kali kepada pelanggar prokes, itu pun kita tetap bijak melihat pelanggarnya, jika dia masih remaja atau pemuda yah kita berikan hukuman, sementara jika pelanggar itu sudah berumur atau wanita maka kita hanya berikan teguran  himbauan dan berikan masker untuk mereka gunakan “. Tutur Gunarni Munda.

Dan sebagai upaya mencegah mobilasasi banyak orang ke suatu tempat, pelaksana Ops Yustisi melakukan pembatasan mobilitas.

“ Pembatasan mobilitas juga kita lakukan, kita hentikan kendaraan truk yang memuat banyak orang, muatan yang berlebihan diturunkan, ini bertujuan untuk mencegah mobilisasi banyak orang ke acara adat “. Jelasnya.

Diakhir keterangannya, Gunarni Munda katakan, dalam melakukan pencegahan kelengahan warga, jajarannya melakukan kegiatan Ops Yustisi, Patroli Bersepeda, patroli dialogis, dan patroli blue light.

“ Kita kedepankan pencegahan covid, hampir keseluruhan kegiatan sat sabhara kita fokuskan pada pencegahan penyebaran covid -19, kita jaga wilayah kitaini yang sudah zona kuning melalui Ops Yustisi, Patroli Bersepeda, patroli dialogis, dan patroli blue light “ Pungkas AKP. Gunarni Munda, Kasat Sabhara Polres Tana Toraja.(red)

statusrakyat.com