Program Jumat Berbagi, Kartu JKN-KIS Mesni Simanjuntak Kembali Aktif -->
Cari Berita

stoppers

stoppers

Advertisement

Program Jumat Berbagi, Kartu JKN-KIS Mesni Simanjuntak Kembali Aktif

09 Juni 2021
350



StatusRAKYAT.com, Tanah Karo
- BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak henti-hentinya melakukan inovasi dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) diantaranya dengan meningkatkan persentase keaktifan peserta. Langkah konkret dalam menggapai hal tersebut salah satunya dilaksanakan melalui program Donasi Jumat Berbagi yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabanjahe Kabupaten Karo.

Tim Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe melakukan kunjungan ke rumah peserta penerima donasi yang beralamat di Jalan Kota Cane Gang Rukun Lorong 1 Kelurahan Lau Cimba, Kecamatan Kabanjahe pada Senin kemarin (07/06.2021).

Hari ini kita akan mengunjungi kediaman salah seorang peserta yang tunggakannya sudah 18 bulan dengan total iuran yang belum dibayarkan berjumlah Rp565.000,-. Ini adalah peserta ke-6 bulan ini yang sudah kita berikan bantuan Donasi Jumat Berbagi. Sebelumnya sudah ada 5 Keluarga yang kita kunjungi, dengan total donasi yang sudah kita salurkan berjumlah Rp7.429.000,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe Novita Asrini Siregar.

Mesni Wati Br Simanjuntak (50) menjadi salah satu peserta yang beruntung mendapatkan Donasi Jumat Berbagi. Ia seorang diri terdaftar sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 semenjak 2017 silam. Pekerjaan sebagai Tukang Kusuk (pijat) membuatnya tidak mampu membayarkan iuran JKN-KIS ditengah kondisinya yang harus berjuang melawan gangguan pendengaran yang ia derita selama 4 tahun belakangan.

“Ya gimana ya bu, penghasilan saya tidak menentu. Kadang orang datang kerumah, kadang saya yang dipanggil kerumahnya. Ditambah lagi zaman Covid sekarang, orang-orang makin takut menggunakan jasa saya. Jadi bukannya gak mau bayar iuran, duitnya yang belum ada, bu. Tapi dengan donasi yang saya terima ini, menjadi motivasi juga buat saya kedepannya lebih rutin lagi membayar iuran,” katanya penuh haru.

Banyak peserta menunggak yang sudah terbantu dengan program Donasi Jumat Berbagi ini. Di Kabupaten Karo, terdapat 6 (enam) keluarga dengan total 17 jiwa yang kepesertaannya aktif kembali setelah tunggakannya dibayarkan melalui dana donasi. Program ini akan terus dilaksanakan setiap minggunya hingga 30 Desember 2021 dengan harapan masyarakat kurang mampu dapat terus merasakan manfaat Program JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif,"jelas pihak BPJS menambahkan.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe Rita Masyita Ridwan menjelaskan konsep pelaksanaan Program Donasi Jumat Berbagi,yang mana
konsep Donasi Jumat Berbagi ini cukup sederhana, dana yang sudah terkumpul dari donasi Duta BPJS Kesehatan akan digunakan untuk membiayai tunggakan Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang tergolong kurang mampu,"katanya.

Ditambahkan nya lagi,"donasi yang terkumpul tidak langsung diberikan berbentuk tunai kepada peserta, melainkan akan dibantu dibayarkan oleh Staf Penagihan sesuai dengan nomor Virtual Account peserta bersangkutan. Selanjutnya peserta akan diminta komitmennya agar setelah kepesertaannya aktif, di bulan selanjutnya dapat secara rutin melakukan pembayaran iuran,” jelas Rita.

(D'vd/Berjoet)

statusrakyat.com