Miliki 210 Inovasi, Indramayu Raih Innovative Government Award 2020 -->
Cari Berita

Advertisement

Miliki 210 Inovasi, Indramayu Raih Innovative Government Award 2020

18 Desember 2020


StatusRAKYAT.com, Indramayu -
Pemerintah Kabupaten Indramayu meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri RI dengan Kategori 'Kabupaten Sangat Inovatif'. Paslanya, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Indramayu telah memiliki 210 inovasi yang telah diterapkan.


Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri, Matheos Tan, kepada Plt. Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, dalam acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Jum'at (18/12/2020).


Plt. Bupati Indramayu, Taufik Hidayat menjelaskan, Pemkab Indramayu melalui para Aparatur Sipil Negara (ASN) terus menciptakan berbagai inovasi baik untuk penyelengaraan pemerintahan, pelayanan publik, maupun inovasi lainnya.


Saat ini, lanjut Taufik, berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indramayu sudah tercatat 210 inovasi yang tersebar diberbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun demikian dari jumlah tersebut tidak semuanya memiliki data dukung yang signifikan sehingga harus terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.


Taufik menambahkan, untuk mewadahi inovasi tersebut saat ini telah ada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah tahun 2020-2024.


Di dalam Perbup tersebut disebutkan berbagai ketentuan yang harus dipenuhi dalam setiap inovasi daerah.


"Alhamdulillah ini merupakan peresmbahan dari Pemkab Indramayu kepada warga masyarakat," tegas Taufik.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020 adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemda dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif.


Kemendagri melalui BPP telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri.


"Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak," kata Agus. (MISNO)

statusrakyat.com